poskomalut.com
baner header

Dosen Hukum Untika Soroti Kasus Undur Diri Kades Belo

TALIABU-PM.com, Dosen fakultas hukum, Universitas Tampotika (Untika) Luwuk, Mustakim La Dee menanggapi problem undurnya Kepala Desa Belo, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Irma Liambana yang mengeluarkan pernyataan undur dari jabatannya, namun masih menjalankan tugasnya.

Kepada Posko Malut, Mustakim mengatakan selama Surat Keputusan pemberhentian Kades Belo, Irma Liambana belum dikeluarkan maka secara hukum tugas-tugas Kades masih tetap dilaksanakan, sambil menunggu SK pemberhentian.

“Kalau SK pemberhentian dari Bupati belum ada, maka tugas dan kewenangan Kades masih tetap dia laksanakan sampai adanya SK pemberhentian tetap dan pengangkatan Pj. Kades,” cetusnya.

Ada beberapa poin dalam undang-undang desa tentang syarat-syarat pemberhentian Kepala Desa. “Kalau yang saya lihat masalah Belo punya itu memang Bupati belum menindaklanjuti untuk menerbitkan SK pemberhentian dan pengangkatan Pj. Kades dan kalaupun belum ada pergantian maka Kadespun masih melaksanakan tugas-tugas kades karena belum ada tindakan resmi secara hukum,” jelasnya.

Agar tidak terjadi polemik dimasyarakat lagi katanya, sebagai seorang kepala daerah yang memiliki tanggungjawab penuh terhadap penertiban saol keputusan pemberhentian Kades Belo yang sudah ditindaklanjuti BPD melalui Camat Taltimsel dan penyampaiannya kepada Bupati maka tidak boleh lagi, ada penundaan terkait dengan penerbitan SK Bupati.

“Bupati segera mengeluarkan SK pemberhatian dan pengangkatan Kades Belo agar tidak berpolemik panjang dimasyarakat, kalau hal ini belum ditindaklanjuti Bupati dalam bentuk menerbitkan SK pemberhentian, jika tidak maka akan menimbulkan polemik dimasyarakat yang berkepanjangan”pungkas Mustakim pengacara ternama di Pulau Taliabu itu. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: