poskomalut.com
baner header

Masyarakat Tidore Diminta Kroscek DPS

TIDORE-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, akan melakukan coklit untuk melengkapi data pemilih dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang. Masyarakat diminta ikut serta dalam meneliti data yang nantinya diumumkan  KPU setelah  menjadi daftar pemilih sementara (DPS).

   Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin, saat bertandang ke Kantor Bawaslu Kota Tidore baru-bari ini.’’ Saya harap KPU, bawaslu bekerjasama dengan baik  mem-validasi data secara konkrit sehingga hasilnya valid agar tidak ada lagi protes dari berbagai pihak,’’kata Muksin.

    Menurut Muksin, pelaksanaan pemilu banyak pemicunya, salahnya satu persoalan PT yang sangat memengaruhi hasil pemilu. “Kita tidak pernah  bayangkan jika terjadi selisih satu angka suara sebagimana yang terjadi di Aceh lalu. Maka dari itu soal DPT ini menjadi perhatian dan isu sentral kita dalam pelaksanaan pilkada. Saya berharap kawan-kawan panwascam bekerjasama untuk data yang valid,’’ ungkap Muksin.

  Muksin menginggatkan seluruh masyarakat ketika DPS diumumkan untuk diuji public, masyarakat harus bisa mengroscek jika ada nama-nama warga yang belum terdaftar harus dilaporkan. Selanjutnya didaftarkan sebelum adanya penetapan kemudian menjadi masalah. Seperti biasanya masalah ini muncul setelah pembagian C6 jelang pemilihan.

   Jika ada nama-nama yang terdaftar merupakan bagian dari anggota TNI –Polri, segera dilaporkan juga sesuai dengan Undang- undang Nomor: 10 tahun 2015 yang mengatur secara khusus  hak pilih  TNI –Polri, terkecuali dia telah memenuhi syarat sebagai pemilih.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: