poskomalut.com
baner header

KPU Gelar Sosialisasi Pilkada ke OKP Halut

TOBELO-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Kamis (17/09) menggelar sosialisasi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona virus desiase (Covid 19) pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halut tahun 2020.

Sosialisasi protokol kesehatan itu melibatkan, Lo Pasangan Calon (Paslon) Frans Manery-Muchlis Tapi Tapi (FM Mantap), LO Paslon Joel Wogono-Said Badjak (JOS), dan sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) Halut, serta Komisioner Bawaslu Halut Iksan Hamiru, dipandu oleh Komisioner KPU Halut Irham Puni, narasumber Ketua KPU Halut Muhammad Rizal, Anggota Asmawati Marsaoly, Djalil Djurumudi, dan Sefriando Bitakono.

Komisioner KPU Halut Sefriando Bitakono mengatakan, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada hingga pungut hitung suara, dan sampai tingkat jajaran PPK, PPS dan KPPS merupakan lembaga adhoc KPU bakal menggunakan protokol kesehatan Covid 19.

Penggunaan protap kesehatan itu, kepada penyelenggara tingkat PPK, PPS, dan KPPS saat bertugas menggunakan alat kesehatan.

“Jadi nanti pada saat KPPS bertugas pungut hitung pada tanggal 9 Desember 2019 nanti, maka setiap pemilih wajib menggunakan masker, dan sarung tangan, bahkan penyelenggara KPPS juga akan menyediakan tempat cuci tangan, dan heansentizer, di TPS,” Ujar Sefriando.

Sementara Asmawati Marsaoly mengatakan, dasar hukum penerapan Protokol kesehatan sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2020. Dalam penerapan protap kesehatan pada Pilkada ini, KPU bakal menyediakan alat-alat kesehatan berupa masker, tempat cuci tangan, hingga sarung tangan selama tahapan Pilkada hingga pungut hitung pada 9 Desember 2020.

Selain itu, seluruh penyelenggara tingkat Adhoc yang bertugas bakal di rapit test. “Hal itu untuk mencegah dan pengendalian pelaksanaan Pilkada lanjutan ditengah Covid 19,” Ujarnya.

Sementara Ketua KPU Halut Muhammad Rizal mengatakan, kegiatan ini, merupakan sosialisasi tentang protap kesehatan, diatur dalam PKPU terbaru. Dalam sasaran kegiatan.

“Kami berharap hasil sosialisasi ini, sahabat OKP bisa ikut membantu KPU dalam mensosialisasikan PKPU terbaru tentang protokol kesehatan ke masyarakat, Agara masyarakat bisa mematuhi protap kesehatan selama tahapan Pilkada,” Akhirinya.(mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: