poskomalut.com
baner header

Pemda Morotai Siapkan 42 Hektar Lahan Tanam Ubi

MOROTAI-PM.com, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulau Morotai lagi menyiapkan lahan 42 hektar untuk penanaman tanaman bulanan seperti ubi jalar dan ubi kayu. Penyiapan lahan itu bagian dari upaya mendorong program Presiden RI soal ketahanan pangan dimasa Pandemi.

“Lahan yang dipersiapkan kurang lebih 42 ribu hektar dan lahannya bakal ditanam dengan tanaman ubi kayu dan ubi jalar,” kata Kadistan Morotai Anwar Husen, ketika dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telpon, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, lahan yang harus disiapkan oleh Pemda Morotai sebanyak 42 ribu hektar itu tersebar di di lima wilayah misalnya di Morsel, Morut, Morja, Mortim serta Morselbar. Sedangkan, program itu dari pusat sehingga menunggu survei dari Badan Cadangan Logistik Srategi dibawah kendali Kemenhan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Kalau dari kementrian pertanian kita pasti sudah ada gambaran, tapi karena ini masuk dikementrian lain, jadi sistemnya kita belum tau,” imbuhnya.

Ia menambahkan, program itu tersebar di kabupaten kota di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Morotai. Sehingga perencanaan hingga pengawasan termasuk anggaran itu ditangani oleh pusat.

“Jadi, sistemnya mulai dari pengolaan sampai di pasar dikelola langsung oleh badan cadangan pangan logistik stategis, kita hanya siapkan lahannya saja,” akhirya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: