poskomalut.com
baner header

Gubernur Malut Siap Lantik Enam Penjabat, Dikabarkan Pelantikan Digelar Jumat Besok

SOFIFI-PM.com, Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) siap melantik enam penjabat (Pj) Bupati dan walikota di Maluku Utara (Malut), yakni Pj Bupati Halmahera Utara, Pj Bupati Halmahera Barat, Pj Bupati Halmahera Timur, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Pj Bupati Pulau Taliabu dan Pj Walikota Tikep.

Dua daerah lain yang juga menyelenggarakan pilkada serentak 9 Desember yakni Kota Ternate dan Halmahera Selatan tidak diisi oleh Pj. Sebab, mereka tidak ikut serta dalam pertarungan pilkada.

Sementara, lima daerah yang status sebagai petahana telah mengajukan cuti kampanye sehingga proses diproses penjabat. Lain halnya dengan Halmahera Timur, dimana petahanannya telah meninggal dunia usai mendaftar di KPU sehingga secepatnya diisi.

Dari enam daerah yang harus diisi penjabat, maka sekitar 18 pejabat Pemprov Malut yang diusulkan ke Mendagri untuk ditetapkan salah satu setiap daerah menjadi penjabat bupati dan walikota. Di Halut tiga nama yang diusulkan, Irwanto Ali ( Karo organisasi), Saifuddin Djuba (Karo Pengadaan barang dan Jasa) dan Idhar Sidi Umar (Kadinkes).

Untuk Halmahera Timur calon Pj Bupati yang diusulkan M. Buyung Radjiloen (kadis Kelautan dan Perikanan), Ahmad Purbaya (Kepala Inspektorat), di Halmahera Barat nama Rizal Ismail (Kadis Pertanian) Nirwan MT Ali (PTSP) dan Hasyim Daeng Barang (Kadis ESDM). Untuk Tikep, Umar Fauzi (Kaban Kesbangpol) Ismail Sahbudin  (staf Ahli) Ridwan Hasan (Kadisnakertrans).

Kepsul calon Pj yang diusulkan , Ali Fataruba (Karo Pemerintahan), Idham Umasangaji (asisten Gubernur) dan Umar Umaternate (Asisten Gubernur), Taliabu, Calon pj bupati yang diusulkan Gafarudin (staf Ahli) Wa Zaria (Kadis koperasi) dan Kamaluddin Wua (Karo Umum).

Gubernur AGK saat dikonfirmasi mengaku nama pejabat sudah diusulkan ke Kemendagri. ”Nama-nama Pj bupati dan walikota sudah saya usulkan ke Kemendagri. Jadi saya tunggu, kalau SK dari Mendagri sudah ada, saya akan lantik,” katanya. ”Kalau besok (Hari ini, red) sudah ada SK maka dalam minggu ini juga langsung dilantik. Jadi saya tunggu SK saja,” pungkasnya.

Namun, informasi yang dihimpun Koran ini, proses pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat Bupati dan Walikota di enam daerah ini akan berlangsung pada Jumat (25/9). (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: