poskomalut.com
baner header

Taliabu Dua Pasangan, Halbar Empat

Hari Ini Agenda Pencabutan Nomor Urut

BOBONG-PM.com, Kontestasi Pilkada 2020 di Kabupaten Pulau Taliabu dan Kabupaten Halmahera Barat, mulai ditabuh. Ini setelah KPU Pulau Taliabu dan Halabr, Rabu (23/09), resmi menetapkan pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

Pilkada Pulau Taliabu ditetapkan dua pasangan calon, yakni Hi. Muhaimin Syarif-Safrudin Mohalisi (MS-SM) bakal menantang calon petahana Hi.Aliong Mus-Ramli (AMR). Penetapan ini berdasarkan surat keputusan KPU Kabupaten Pulau Taliabu No. 74/PL.02.03-Kpt/03/8208/Kab/IX/2020, tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2020.

Paslon dengan akronim MS-SM diusung partai Demokrat, PDI- Perjuangan, NasDem, Gerindra, PKS. Sementara petahana diusung partai Golkar, PKB, PKPI, PPP dan Berkarya.

Ketua KPU Pulau Taliabu Arisandi La Isa, pada awak media mengaku, KPU Kabupaten  Pulau Taliabu telah melaksanakan pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu tahun 2020 di ruangan rapat kantor KPU Taliabu.

“Dengan resmi kami KPU Taliabu telah menetap 2 pasangan calon, yakni  Hi.Muhaimin Syarif dan Safrudin Mohalisi (MS-SM) dan Hi.Aliong Mus dan Ramli (AMR),” sebutnya.

Kedua paslon, lanjutnya, telah memenuhi syarat pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu pada pemilihan serentak tahun 2020, sehingga agenda selanjutnya besok (hari ini), Kamis (24/9) pencabutan nomor urut Paslon bupati dan wakil bupati Pulau Taliabu yang direncanakan dilaksanakan di gedung hemungsia-sia dufu.

“Besok (hari ini) kita lanjut dengan agenda pencabutan nomor urut Paslon di gedung hemongsia sia dufo,” akhirnya.

Sementara di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), KPU resmi menetapkan empat pasangan calon yang akan mengikuti bursa Pilkada Halbar 9 Desember 2020 nanti. Keempat paslon tersebut, Ahmad Zakir Mando-Pdt. Alpinus K Pay (ZAMAN-PAY), James Uang-Djufri Muhamad (JUJUR), Denny Palar-Iksan Husain (DESAIN) dan Danny Missy-Imran Lolory (DAMAI).

Penetapan pasangan calon  tersebut tertuang dalam surat keputusan KPU nomor: 99/HK.03.1-KPT/8201/KPU-KAB/IX/2020. Devisi Teknis Penyelenggara KPU Halbar Yanto Hasan mengatakan, setelah melakukan verifikasi administrasi verifikasi faktual terhadap dokumen sayarat calon dan syarat pencalonan, dari berkas empat paslon dinyatakan memenuhi syarat.

“Setelah kami plenokan, berita acaranya langsung kami serahkan ke masing-masing Liasion Officer (LO) paslon,” kata Yanto kepad awak media, Rabu (23/09).

Usai melakukan penetapan paslon, lanjut Yanto, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut yang dilaksanakan hari ini, Kamis (24/09).

“Kami mengimbau kepada seluruh paslon, agar tidak mengkerahkan massa saat pengundian nomor sedang berlangsung,” harpanya.

Sekadar diketahui, ZAMAN-PAY diusung Partai Golongan Karya (4 kursi) dan Partai Keadilan Sejahtera (1 kursi).JUJUR diusung Partai Demokrat (3 kursi) dan Partai NasDem (2 kursi). DESAIN diusung Partai Kebangkitan Bangsa (4 kursi) dan Partai Gerindra (3 kursi). Kemudian DAMAI diusung Partai PDI Perjuangan (4 kursi), Partai Amanat Nasional (1 kursi) dan Partai Hati Nurani Rakyat (3 kursi). (cal/wm01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: