poskomalut.com
baner header

KPU Halsel Tetapkan Dua Zona Tahapan Kampanye

LABUHA-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan (Halsel), memutuskan untuk membagi wilayah menjadi dua zona untuk tahapan pelaksanaan kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2020.

Keputusan itu disepakati dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama KPU, Bawaslu dan Tim masing-masing paslon tentang metode kampanye dan penyusunan jadwal kampanye pemilihan tahun 2020, bertempat di Hotel Buana Lipu, Jum’at (25/9/20).

“Kita sudah sepakati terkait jadwal kampanye, itu kita buat zonasi yang terbagi dua zona. Zona 1 terdiri dari 18 kecamatan dan sisanya 12 Kecamatan di Zona 2,” Kata Ketua KPU Darmin Hi. Hasyim, saat ditemui awak media disela-sela Rakor.

Menurut Darmin, pembagian zonasi tidak dibagi sama jumlahnya, karena lebih pada pertimbangan geografis wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Pembagian zonasi ini berbasis kecamatan dengan dasar geografis, jadi zona 1 itu terdiri dari semua kecamatan di Obi, kemudian Bacan, Bacan Timur, Bacan Timur Selatan, Bacan Timur Tengah, Mandioli dan Kasiruta termasuk dengan Kayoa Barat. Kemudian Makian Kayoa, di luar kayoa Barat ditambah dengan gane barat, gane timur ada 12 Kecamatan itu zona 2,” terang Darmin.

Masing-masing pasangan calon, kata Darmin, akan mendapatkan porsi yang sama disaat kampanye, dengan pembagian 20 hari.

“Di 20 hari pertama, nanti kita tentukan,  diplenokan siapa yang duluan. Jelasnya, masing-masing paslon akan mendapatkan alokasi waktu yang sama, yakni 71 hari masa kampanye,” tambahnya.

Ketua KPU bilang, alokasi 71 hari kampanye akan dibagi 4 kali dengan rincian 3 kali pertama, durasi 20 hari. Sementara di putaran keempat dengan jumlah 11 hari. Selain itu menurutnya, pembagian zonasi ini telah disepakati bersama baik KPU, Bawaslu maupun Tim masing-masing paslon.

“Kita akan buatkan berita acaranya, lalu diserahkan kepada masing-masing paslon untuk panduan selama kampanye,” tukasnya.

Diketahui, dalam Rakor, selain pembagian zonasi dan jadwal kampanye, juga dibahas terkait kesepakatan jumlah alat peraga kampanye dan bahan kampanye. (Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: