poskomalut.com
baner header

Sejumlah Anggaran Program Dipangkas, Kadispora Ternate “Gigit Jari”

TERNATE- PM.com, Dinas Olahraga (Dispora) kota Ternate berharap pemerintah kota (Pemkot) memperhatikan anggaran program yang dilaksanakan Dispora. Karena tahun ini semua anggaran kegiatan Dispora direkofusing karena pandemi Covid-19, jadi dilarang berkumpul dan sebagainya.

Kadispora kota Ternate, Sutopo Abdullah menuturkan, tahun 2020 hanya dua kegiatan Dispora yang berjalan yakni pelatihan wasit yang dilaksanakan di bulan Maret, dan Diklat paskibra, sedangkan kegiatan yang lainnya tidak bisa dilaksanakan karena anggarannya dipangkas.

“Jadi setelah melakukan rapat dengan komisi III DPRD, kami berharap ada dukungan dari DPRD terkait kegiatan yang menjadi prioritas Dispora, apalagi kota Ternate hingga saat ini sudah menjadi kota pemuda, dan rencana akan dicanangkan menjadi kota atlet,” ungkapnya.

Sutopo mengaku, Ditahun 2020 banyak SSB yang tidak bisa dibayarkan karena sejumlah anggaran kegiatan dipangkas. “Jadi ada yang lain dibayar dan lain tidak dibayar sehingga menimbulkan rasa kecemburuan, ini yang menjadi kesulitan bagi Dispora “ujarnya.

Lanjutnya Pembayaran SSB sendiri, kata Sutopo, tahun ini baru dibayarkan dua bulan di dalamnya ada tiga orang dalam SSB, yakni pelatih kepala dan asisten. “Kalau pelatih dibayarkan 500 ribu per bulan, dan asisten 300 ribu per bulannya itupun tidak semua dibayarkan, tahun ini baru dua bulan yang mampu dibayarkan yakni Januari dan Februari, jadi hanya 18 SSB yang honornya terbayarkan dengan jumlah total 24 SSB, “terangnya.

Akan tapi ada informasi yang didapatkan bahwa ada perubahan regulasi dan sekarang sudah disusun Perda pengelolaan kekayaan hak daerah jadi ada perubahan angkanya, tetapi yang ada itu akan dimaksimalkan.
Oleh karena itu, Dispora dan Askot mengambil inisiatif selama bulan Agustus sampai pada September diuji coba dulu lapangannya.

“Jadi semua club dan SSB bisa pakai lapangan secara gratis, begitu masuk pada 1 Oktober baru dilakukan tarif pembayaran, sehingga saling mengerti antara teman-teman SSB dan club yang lainnya,“ ujarnya.

Dirinya menambahkan, kota Ternate sendiri ada sembilan cabang olahraga yang yang harus menjadi perhatian pemerintah, karena itu bagian dari olahraga prestasi maupun pendidikan.

Maka dari itu, Ia berharap kepada pemkot untuk adanya dukungan, karena Ternate akan menuju pada kota atlet dan juga kota pemuda. Oleh karena itu penting pemerintah memperhatikannya Dispora kota Ternate dan menaruh perhatian bagi generasi atlet yang ada di kota Ternate.

Lanjutnya, tahun depan Dispora akan mengusulkan banyak kegiatan, seperti yang dikatakan sebelumnya di dalam rencana Dispora anggarannya diatas angka 19 miliar, akan tetapi hanya diakomodir 4 miliar jadi nantinya hanya difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang sangat penting.

“Kami mendapatkan informasi bahwa tahun depan akan direncanakan pelaksanaan Popda tingkat Provinsi, kegiatan Popda saja anggarannya hampir 1 miliar lebih, itu artinya banyak kegiatan kepemudaan akan dipending, karena di satu sisi pembiayaan tidak mencukupi,” pungkasnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: