poskomalut.com
baner header

Gubernur Malut Resmi Lantik 5 Pj Bupati dan Walikota

SOFIFI-PM.com, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba secara resmi melantik atau mengukuhkan lima Pj Bupati dan walikota. Pengukuhan berlangsung di aula Nuku Kantor Gubernur Malut, Sabtu (26/9/2020).

Pengukuhan Pj bupati dan walikota sementara berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.82-2998,131.82-2999,131.82-3000,131.82-3001,131,82-3009 Tahun 2020 tentang penujukan penjabat sementara Bupati Wali Kota di 5 Daerah di Propinsi Maluku Utara.

Lima Pj bupati dan walikota yang dikukuhkan yakni Kepala Biro Organisasi Setda Irwanto Ali sebagai pejabat Bupati Halmahera Utara, Kepala Dinas Pertanian Malut Rizal Ismail sebagai PJ bupati Halmahera Barat, staf ahli gubernur Idham Umasangaji sebagai pejabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Kadis Pora dan sementara Pj bupati kabupaten kepulauan Taliabu isi oleh Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), Kemendagri Maddaremmeng.

Undangan Acara pengukuhan Pj bupati dan walikota dibatasi atau hanya dizinkan masuk istri Pj bupati dan walikota, protokol. Pasalnya, masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, meski begitu acara pengukuhan berjalan lancar dan hikmat.

Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba menegaskan, kepala lima Pj yang dipercayakan mengisi kepemimpinan sementara di lima daerah ini dapat mengajak nilai-nilai demokrasi mengingat lima daerah ini sedang melaksanakan pesta demokrasi. ”Saya berharap pada yang baru dilantik ini, menjaga nilai demokrasi dengan dengan kedepankan netralitas,”singkatnya.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Malut Ali Fataruba saat dikonfirmasi mengaku, terdapat enam daerah yang diusulkan untuk pengisian Pj bupati dan walikota, namun hari ini baru 5 Pj bupati dan walikota yang dikukuhkan sementara satu daerah yakni Halmahera Timur belum dilantik pasalnya SK belum keluar.

”yang dilantik tadi itu SK sudah ada yakni Halut, Halbar, Tikep, Kepsul, dan Taliabu, sementara Haltim belum ada SK dari Kemendagri,”singkatnya.(iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: