poskomalut.com
baner header

Data Wajib Pemilih Kota Ternate Kelebihan, Penyelenggara Diminta Tuntaskan

TERNATE-PM.Com, Data wajib pemilih masyarakat Kota Ternate Maluku Utara (Malut) menjelang pemilihan Wali Kota Ternate dan Wakil Wali Kota Ternate kelebihan mencapai 27 ribu lebih. Hal tersebut terkuak langsung dalam uji publik pengumuman, tanggapan dan masukan masyarakat terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Ternate Pilwako 9 Desember 2020.

Kepala Dukacapil Kota Ternate Rukmini A. Rahman, kepada wartawan, Sabtu (26/9/2020) pekan kemarin mengatakan, data wajib memilih kelebihan ini semua akan dikembalikan kepada penyelanggaran yakni KPUD Kota Ternate untuk menuntaskan. “Yang pastinya semua itu data lebih paling tahu itu di petugas Coklit,”katanya

Menurutnya, sampai saat ini data pihaknya untuk masyarakat melakukan perekaman E-KTP sudah mencapai 12 ribu lebih, namun dirinya belum bisa memaparkan data keseluruan ke publik/media.”Jika soal data nanti saya kirim ke wartawan langsung jangan via wawancara jangan sampai sala dalam menjelaskan,”ujarnya.

Disisi lain Komisioner KPUD Ternate Divisi Data dan Program, Jainudin Ali mengatakan, data wajib pemilih Dukcapil Kota Ternate, dengan data hasil coklit yang berbeda atau melebih sampai di angka 27 itu. Dari hasil kegiatan uji publik ini ada kesimpulan yang sudah dibicarakan bahwa nanti akan ada uji sampling oleh pihaknya.

“Setelah uji sampling dari data yang ada baru pihaknya akan mengumumkan bahwa orang-orang ini tidak memenuhi syarat sebagai pemilih,”ucapnya.

Lanjutnya, kelebihan data mencapai puluhan ini tersebar di seluruh kecamatan Kota Ternate, karena pihaknya berbeda data dengan Dukacapil. Karena Dukcapil Kota Ternate memakai DP4A sedangkan pihaknya memakai hasil coklit.

“Yang pasti beda dan ketentuan juga menjelaskan itu tak bisa harus dipakai semua, dan mengikuti ketentuan bagimana cara kita mengakomodir warga tersebut agar bisa menyuarakan hak suaranya,”jelasnya. (Sam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: