poskomalut.com
baner header

KUA-PPAS 2021, Estimasi Belanja Rp 1,1 Triliun

Junaidi: Tidak Semua Program Terakomodir

TERNATE- PM.com, Dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2021 itu estimasi belanja ditaksir kurang lebih pada angka Rp 1,1 Triliun

Hal ini disampaikan oleh Angota Komisi III kota Ternate Junaidi Bahrudun. Dirinya mengatakan, Kua-ppas tahun 2021 itu berkisar Rp 1,1 triliun. Dari anggaran Rp 1,1 triliun itu belanja modalnya hanya 301 miliar.

“Di antaranya dinas pekerjaan umum itu belanja modalnya Rp 191 miliar, kemudian Rp 25 miliar untuk dinas pendidikan, ada juga dinas kesehatan dan sisanya dibagi beberapa OPD yang tersisa,” jelasnya pada sejumlah wartawan, beberapa waktu lalu, (25/09) di kantor DPRD.

Junaidi memaparkan dengan postur APBD yang dirancang seperti itu memang rata-rata kebutuhan pembangunan daerah di beberapa sektor strategis itu tidak bisa diakomodasi oleh pemerintah karena beberapa alasan.

“Selain soal adanya situasi pandemi Covid ini, memang PAD kita juga belum signifikan,” ujar ketua Bapemperda kota Ternate tersebut.

Lanjut Junaidi, Oleh karena itu ada beberapa surat dari Dinas memang tidak semuanya bisa diakomodir oleh pemerintah yang dituangkan dalam kua-ppas tahun 2021.

“Jadi Kalau bilang urgen, semuanya program yang disampaikan oleh dinas itu kebutuhan dasar masyarakat seperti air dan listrik, harusnya itu juga diprioritaskan,” ujarnya.

Namun kata Dia, karena kebijakan Nasionalnya di 2021 itu masih pemulihan ekonomi oleh karena itu exercises yang di ambil oleh pemerintah mungkin pada wilayah tersebut.

“Tapi juga kita belum melihat secara keseluruhan apa ancang-ancang yang disiapkan oleh pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi,” katanya.

Ia menambahkan, itu semuanya akan tergambar pada saat badan anggaran melakukan pembahasan di Banggar dan TAPD. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: