poskomalut.com
baner header

Dikbud Malut Temukan Banyak Guru Honor ‘Siluman

SOFIFI-PM.com, Dinas pendidikan dan dan kebudayaan (Dikbud) Malut menemukan guru honorer titipan dan jatah kepela sekolah, juga guru honorer tidakl jelas alias “siluman” di Kabupaten Kota di Maluku Utara (Malut). Hal ini disampaikan Kadikbud Malut Imam Mahkdi kepada koran ini, Senin (28/9).

“Ada guru honor titipan jatah Kepsek. Selain itu, ada guru honor yang terdata di sekolah, tetapi orangnya tidak ada. Sekali lagi saya tegaskan yang namanya honorer bukan karena jatah, tetapi honorer ditempatkan di sekolah karena kebutuhan,” ungkap Kadikbud Malut Imam Mahkdi.

Tidak hanya itu, masalah lain yang ditemukan tim yang dibentuk Dikbud Malut adalah Kepsek yang status hanya  Pelaksana Tugas (Plt) yang menjabat selama dua sampai tiga tahun. “Kita masih menunggu laporan yang sudah di infentarisir. Selanjutnya, baru dilaksanakan pertemuan dengan Kepala Sekolah di Kabupaten/Kota terkait dengan Honorer dan Plt Kepsek yang menjabat dua-tiga tahun,” katanya.

Menurutnya, minset kepsek selama ini memiliki jatah atau kuota merekrut guru honorer adalah suatu kesalahan. Honorer daerah kata Kadikbud, hanyalah pelengkap apabila kekurangan guru. Itupun masih dilihat penyebaran guru dulu karena di kabupaten itu, guru mencukupi tetapi kenyataan Honda banyak  ternyata penebaran guru yang tidak merata.

Selain itu, Imam menyampaikan, data honorer sudah dibawah 4.000, karena kedepatan guru yang sudah PNS tetapi datanya masih terdaftar sebagai honor daerah. Ada juga terdata sebagai honor tetapi yang bersangkutan tidak ada di sekolah.

“Kami akan membuat pertemuan. Pertama akan dipanggil  Kepsek se-Kota Ternate, dan dihadiri tim penilai yakni, Sekretaris Provinsi Malut dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malut,” pungkasnya. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: