poskomalut.com
baner header

Sebulan, Pelanggar Prokes Covid di Ternate Capai 3.511 Orang

TERNATE-PM.com, Sejak diberlakukan pada 1 hingga 30 September 2020 kemarin, Operasi Yustisi yang menjaring pelanggar protokol kesehatan (prokes) di Kota Ternate, sudah mencapai 3.511 pelanggar. Hal ini, disampaikan Kepala Operasional Satuan Tugas Covid-19 Kota Ternate M. Arif Abdul Gani.

“Operasi Yustisi dilakukan dalam rangka menegakkan Perwali Nomor 20 Tahun 2020 ini, dengan cara sidang ditempat bagi siapa yang melanggar prokes ini sudah menjaring ribuan pelanggar,” kata Arif.

Kata dia, selain sanksi denda warga yang melanggar prokes ini juga dikenai sanksi sosial, diantaranya;  melakukan kerja sosial dalam bentuk menyapu jalan sembari mengenakan papan bertuliskan “Saya Melanggar!! Tidak menggunakan masker” yang digantung di leher.

Arif bilang, dari data yang ada, dari 3.511 pelanggar 516 warga yang terjaring operasi memilih membayar denda. Sementara untuk pelanggar yang dikenakan sanksi sosial berjumlah 1.882 orang. Selain itu, pe tercatat sebanyak 1.113 pelanggar  hanya dikenakan sanksi teguran.

Sejauh ini, kata Arif masyarakat mulai patuh menjalani prokes. Olehnya itu dirinya berharap, operasi ini dapat menekan kasus penularan Covid-19 di Ternate.”Dari hari ke hari, tren kasus positif mulai  mengalami penurunan,” sebutnya.

Olehnya itu, hari ini (kemarin) sudah dilakukan rapat evaluasi bersama dan selanjutnya akan direncanakan operasi lanjutan,” tuturnya. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: