poskomalut.com
baner header

Debat Kandidat Pilwako Ternate 27 Oktober

TERNATE-PM.com, Pemilihan Walikota (Pilwako) Ternate telah memasuki tahapan debat kandidat. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate bakal menggelar tahapan debat Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Ternate di Hotel Sahid Bela pada 27 Oktober mendatang.

Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A Karim, kepada awak media Senin (19/10) menyampaikan,  debat paslon tersebut akan dilakukan dua tahap. Pertama diselenggarakan di Kota Ternate pada 27 Oktober, dan kedua di Jakarta di Televisi Nasional pada 21 November mendatang.

Meski begitu dalam ruangan debat, tak semuanya diizinkan masuk. Menurut M Zen, peserta yang bisa masuk ruangan debat terbatas. “Yang bisa masuk di dalam ruang debat yakni paslon dengan 4 orang tim kampanye maupun LO nya, ditambah dengan KPU Provinsi dan Badan Pemenangan Pemilu (Bapillu) beserta teman-teman Pers. Hanya itulah yang diijinkan masuk di dalam,” ungkapnya.

Dia menambahkan, konsep debat tersebut akan disusun oleh tim penyusun soal yang diambil dari akademisi dan profesional. Sementara tema umumnya akan disusun oleh KPU. Sedangkan untuk durasi waktu tetap sama dengan yang lain, yakni di 120 menit. “Tema umum pada debat, itu nanti KPU yang akan menyusunnya. Durasi debat yang ditentukan itu selama 120 menit,” ujarnya.

Untuk itu, diharapkan kepada kandidat agar nanti menyesuaikan materi dengan tema umum yang akan disusun KPU dan juga KPU dalam debat ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya. “Mentari protokol kesehatan itu penting dan karena Covid-19 ini maka peserta juga akan dibatasi,” singkatnya. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: