poskomalut.com
baner header

Minggu ke-4 Kampanye, Sejumlah Posko Relawan Paslon di Ternate Langgar Aturan

Relawan Paslon No 3 Lakukan Lomba Domino

TERNATE- PM.com, Tahapan Kampanye berdasarkan ketentuan PKPU no 13 tahun 2020 pada pasal 88 huruf C, yang mana Kampanye berlangsung selama 71 hari, namun sudah ada beberapa Posko relawan Paslon telah melanggar.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Panwascam) Kota Ternate Selatan, Iskar Hukum memaparkan Berdasarkan ketentuan PKPU no 13 tahun 2020 pada pasal 88 huruf C, perubahan atas PKPU no 6 tahun 2020 tentang pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam covid-19 menjelaskan bahwa kegiatan kampanye dalam bentuk lain, seperti perlombaan tidak bisa dilaksanakan, kecuali melalui daring dan pesertanya pun diatur.

Olehnya itu kata Iskar, pihaknya memberikan surat teguran tertulis ke posko pasangan calon nomor 03 yakni di Kel. Jati Perumnas dan Kalumata, karena berdasarkan hasil pengawasan dari PPL bahwa kedua posko di kelurahan tersebut benar melakukan perlombaan yaitu domino.

“Di dalam surat teguran itu menegaskan jika teguran kami tidak ditindak lanjuti oleh penanggung jawab posko, maka kami berkoordinasikan ke Kepolisian Sektor Kecamatan Selatan untuk membubarkan,” tegas Iskar, pada poskomalut.com, Kamis (22/10/20).

Lanjutnya, bagi posko-posko yang lain,  sore tadi pihaknya juga memberikan surat himbaun agar tak melakukan perlombaan dalam bentuk apapun. Jika masih kedapatan, maka pihaknya akan memberikan surat peringatan tertulis bahkan sampai pada pembubaran kegiatan.

Dirinya menghimbau, kepada Partai politik atau gabungan partai politik, pasangan calon, tim kampanye, dan/atau pihak lain untuk tidak melakukan sebagaiman ketentua PKPU 13 2020 pasal 88 C.

Sementara itu, Risman Rais, Koordinator Devisi Hukum dan penanganan Pelanggaran Panwascam Kota Ternate Selatan mengatakan, di Minggu ke-4 Tahapan Kampanye berlangsung ada beberapa Posko relawan Paslon telah melanggar ketentuan Kampanye yang termuat pada PKPU 13 Pasal 88C dan Pasal 57 Huruf g, terkait larangan-larangan dalam kampanye.

“Sesuai laporan oleh jajaran kami ditingkat kelurahan, ada pelaksanaan perlombaan (Domino) yaitu di Kelurahan Kalumata dan Kelurahan Perumnas,” kata Ris sapaan akrabnya.

Lanjut Ris, ada Pelaksanaan perlombaan di kelurahan Kalumata RT14/RW 04, di Posko Paslon 03 dan kelurahan Perumnas Posko Paslon 3, maka Panwascam Kota Ternate Selatan memberikan surat Peringatan untuk dapat memberhentikan pelaksanaan perlombaan tersebut.

“Apabila surat peringatan kami tidak diindahkan maka, kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membubarkan kegiatan tersebut,” tegas Risman Rais. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: