poskomalut.com
baner header

Juru Bicara Covid-19 Morotai Sebut Pola Karantina Sudah Diubah

MOROTAI-PM.com, Juru bicara Covid 19 Kabupaten Pulau Morotai dr Novindra Humbas mengaku, saat ini, pola karantina telah dirubah dari sistem karantina hotel, penginapan maupun sekolah, kini dirubah ke karantina mandiri. Hal ini dilakukan oleh tim satgas Covid 19, selah mendapat izin operasional penggunaan alat PCR dari pusat. Bahkan, karantina mandiri bisa dilakukan di rumah sendiri, penginapan atau hotel sambil menunggu hasil swebnya keluar.

“Pola baru karantina ini mulai berlaku hari ini,” ungkap dr. Novindra Humbas kepada wartawan kemarin.

Hanya saja kata Dia, pola karantina di rubah. Namun, masyarakat yang datang ke Morotai harus tetap mengikuti protokol kesehatan, terutama bagi yang melakukan Karantina di rumah.

Selain itu, terdapat syarat bagi mereka yang melakukan karantina di rumah harus membuat surat perjanjian untuk tidak beraktifitas di luar rumah selama hasil swebnya belum keluar dan jika terdapat peserta kedapatan beraktifitas diluar rumah atau melanggar perjanjian tersebut maka akan dijemput untuk dikarantina di Hotel.

“Hasil swab kan tidak lama, karena kita sudah bisa sweb sendiri, Itu hanya dua hari saja hasilnya sudah ada. Jadi harus benar-benar disiplin. Di swab juga hanya satu kali, kalau dia negatif ya silahkan beraktifitas. Kalau hasilnya positif baru dijemput kembali oleh Satgas untuk di karantina di Jababeka, Molokai dan miamari,” ujarnya.

Sementara jika ada tamu yang datang dengan tujuan dinas atau berwisata maka mereka hanya di Rapid Test.

“Kalau dia mau di sweb juga bisa. Tapi kalau cuma satu hari tidak di sweb di rapid saja, kalau non reaktif silahkan beraktifitas, tapi kalau reaktif tidak diijinkan. Kaya BPK kemarin kan ada yang reaktif sehingga tidak di ijinkan beraktifitas, dia tetap tinggal di Hotel sampai dia mau pulang ya dia pulangkan,”tutup Novindra. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: