poskomalut.com
baner header

Percepatan Pembentukan PA Halbar Dapat Respon

JAILOLO-PM.com, Jumlah Masyarakat Halmahera Barat (Halbar) kategori muslim belum memiliki akta nikah dan pengurusan persoalan Hukum agama yang menguras banyak biaya di Kota Ternate, koordinasi percepatan pembentukan Pengadilan Agama (PA) Halbar oleh PA Ternate mendapat respon positif dari Pemerintah Kabupaten Halbar.

Kepala Pengadilan Agama Djabir Sosole saat dikonfirmasi di lobi kantor Bupati Halbar Senin (26/10) menyampaikan, Pertemuan dengan Pemkab melalui Sekda Sahril Abdul radjak dalam ruang kerja Sekretaris daerah guna percepatan  Pembentukan PA Halbar demi mempermudah masyarakat yang kesulitan terkait kesediaan waktu dan biaya dalam hal pengurusan persoalan Hukum agama.

“Kalau ke Ternate, maka pihak yang akan turun melayani masyarakat biayanya ditanggung pihak yang mengajukan perkara, minimal Rp 3.000.000. Padahal masalah sedikit, hanya pengesahan nikah atau perceraian,” ungkap Djabir.

Kemudian ada istri yang ditinggal bertahun tahun tanpa dibiayai suami ketika ingin mengajukan perkara ke PA Ternate juga mengalami kesulitan karena biaya, apalagi yang rentang kendalinya jauh dari pusat kabupaten.

“Maka Halbar sudah harus membentuk PA agar melayani masyarakat langsung disini,” katanya.

Kedatangan PA Ternate sudah mendapat persetujuan Bupati melalui Sekda Halbar dan hasil koordinasinya, Pemda akan Menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk pembangunan gedung PA

“Kami Sudah menyiapkan dokumen untuk data dukungan juga dukungan dari stekholder yang ada yakni Kemenag, MUI dan DPR. Kami juga akan minta dukungan dari kesultanan Jailolo karna biar bagimanapun dia juga punya wilayah.”Jelas Kepala PA Ternate

Setelah itu akan dilakukan sertifikasi kemudian penyerahan secara langsung dan diusulkan ke MA.

“Insyaallah 2021 sudah dilaksanakan tapi semua tergantung survey dari MA, jika hasil Survey mengatakan  darurat maka saya pikir tidak akan lama,” tandasnya.

Kepala pengadilan Agama Ternate juga menyampaikan program unggulan setelah terbentuknya PA Halbar yakni pelayanan terpadu untuk masyarakat, PA bekerja sama dengan Pemda dan kemenag akan datangi masyarakat di Desa Desa. (wm01/red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: