poskomalut.com
baner header

KPU Halut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada

TOBELO-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Sabtu (21/11) telah menggelar Simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara, di kantor KPU Halmahera Selatan (Halsel) sebagai pra pemungutan pada 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Halut Devisi Teknis Sefriando Bitakono mengatakan, KPU dalam rangka menuju pada pemungutan dan perhitungan suara pada 9 Desember 2020, maka sebelum itu, KPU melaksanakan Simulasi Pemungutan dan perhitungan suara dan penggunaan aplikasi SIREKAP secara nasional.

Pelaksanaan simulasi itu dipusatkan didua titik yakni KPU Kota Ternate, dan KPU Halsel.  “Simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi SIREKAP secara Nasional di Maluku Utara ada 2 titik yaitu Kota Ternate dan Halsel, untuk Halut sesuai kelompok yang diatur oleh KPU Provinsi, KPU Halut bersama dengan KPU Kota Tidore dan KPU Halbar kami bergabung di KPU Halmahera Selatan,” Ujar Sefriando.

Lanjut Ia, dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara, tetap diatur dengan Protokoler kesehatan, pencegahan Corona Virus Desiase (Covid 19). Bahkan protap Covid 19 itu bukan hanya berlaku pada mekanisme pemilihan dan pemilih, tetapi belaku juga pada Petugas Linmas, Saksi, PPS dan KPPS.

“Kaitan dengan pemungutan dan penghitungan suara diatur secara protokoler kesehatan Covid 19, dan berlaku bukan hanya pada pemilih saja, tetapi juga petugas di TPS. Jadi pemilih yang datang ke TPS wajib menggunakan masker, kemudian dicek suhu tubuhnya, diberikan sarung tangan sekali pakai. Secra keseluruhan simulasi itu asa 12 poin hal baru yang akan diterapkan pada Pemilihan 9 Desember 2020,” Akhirinya.(Mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: