poskomalut.com
baner header

Status Zona Orange, Sekolah di Ternate Kembali Ditutup

TERNATE-PM.com, Simulasi pembelajaran tatap muka yang telah digelar beberapa hari ini akan diberhentikan. Hal ini, setelah status zonasi Covid-19 Kota Ternate kembali mengalami perubahan, yang tadinya dari zona kuning (resiko rendah) kini kembali ke zona orange (resiko sedang).

Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ternate M. Arif Gani saat diwawancarai Sabtu (21/11), menyampaikan kenaikan status zonasi ini berdasarkan hasil tracking beberapa pekan ini dan pada tanggal 16 November 2020 kemarin status zona Covid-19 Kota Ternate sudah kembali ke zona orange. Kata dia, dengan bertambahnya beberapa kasus positif yang berakibat pada perubahan status dari zona kuning ke orange, secara otomatis simulasi pembelajaran tatap muka juga akan diberhentikan.

“Ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19,” sebut Arif.

Kata dia, pemberian kewenangan penuh dalam menentukan izin pembelajaran tatap muka ini berlaku mulai semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, di bulan Januari 2021.

“Karena kemarin sekolah sempat melakukan simulasi dan dengan adanya kenaikan status zonasi Kota Ternate ini, juga berdasarkan edaran menteri yang baru saja keluar ini, otomatis sekolah kembali ditutup,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, sekolah bisa dibuka lagi, jika sekolah tersebut sudah siap, dari penerapan protokol kesehatan. “Nanti kita bakal turun dan pantau jika ada sekolah yang sudah siap maka bisa dibuka, namun jika belum siap maka belum bisa dibuka,” jelasnya. Sembari menuturkan, kebanyakan yang positif ini merupakan pelaku perjalanan dan kebanyakan dari luar.

Berdasarkan rilis data dari Dinas Kesehatan Kota Ternate, sampai per tanggal 20 November 2020 kasus terkonfirmasi positif pada beberapa hari terakhir yakni 17-20 November kemarin bertambah 13 kasus positif. Sehingga, dengan demikian jumlah kasus keseluruhan untuk Kota Ternate per 20 November 2020 sebanyak 854 orang. Dari jumlah ini 812 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 22 orang meninggal dunia. (agh/ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: