2021, Dinas P3A Fokus Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak

Ilustrasi kekerasan terhadap anak.

TERNATE-PM.com, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Ternate di tahun 2021 ini akan memprioritaskan porsi kegiatannya pada upaya perlindungan perempuan dan anak.

Ini mengingat, dampak dari Covid-19 ini sejak tahun kemarin sangat terasa khususnya terkait permasalahan perempuan dan anak. Hal ini disampaikan Kadis P3A Kota Ternate, Marjorie Amal.

Lebih jauh, kata Marjorie, akan ada beberapa program yang nanti dilakukan untuk memberdayakan perempuan, yakni melalui industri rumah. Sementara itu, untuk memperkuat mental anak-anak, mereka akan diikutsertakan untuk bisa tampil di Musrenbang di setiap tingkat.

"Mereka akan mengikuti pelatihan Musrenbang untuk anak. Jadi, fokusnya kita itu. Supaya sedikit demi sedikit  permasalahan kekerasan ini bisa ditekan," ungkapnya kepada Posko Malut, Sabtu (07/02/2021).

Kata dia, sepanjang tahun 2020 pihaknya menilai bukan hanya karena pandemi kekerasan terhadap perempuan dan anak ini meningkat. Itu, baginya hanya salah satu implikasi, yang lebih penting yakni lemahnya ketahanan keluarga. Sehingga, tidak lagi ada kekerasan perempuan dan anak yang itu justru didominasi di dalam keluarga.

"Kita harus berpikir bagaimana memperkuat ketahanan keluarga, terutama pola asuh anaknya. Kemudian juga, bagaimana efektivitas pelayanan dari Puspaga terhadap keluarga. Itu yang harus diperkuat," ujarnya.

Dikatakannya juga, berdasarkan pertemuan dengan DPRD Kota Ternate, pihaknya juga punya komitmen yang kuat untuk bersama-sama dalam beberapa kegiatan penting.

"Kita juga bersama DPRD sedang merumuskan beberapa kegiatan," katanya.

Sembari bilang, pihaknya selalu menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga yang konsen persoalan perempuan dan anak. "Contohnya di beberapa kegiatan, bersama LSM Daulat Perempuan Maluku Utara (Daurmala) dan Wahana Visi Indonesia yang punya fokus sama, yakni persoalan perempuan dan anak," ujarnya. (agh/red)

Komentar

Loading...