poskomalut.com
baner header

Dekot dan Pemkot Ternate Didesak Tuntaskan Pembangunan di Batang Dua

TERNATE- PM.com, Aliansi Cipayung plus (HMI, IMM, GMNI, GMKI, KAMMI dan PII) Kota Ternate melakukan aksi didepan kantor DPRD Kota Ternate menuntut Pemerintah Kota Ternate dan DPRD Kota Ternate untuk menuntaskan ketimpangan pembangunan di Kecamatan Batang Dua.

Dalam pantauan poskomalut.com, dalam aksi tersebut sempat terjadi saling dorong antara pihak kepolisian dan massa aksi karena massa aksi memaksa untuk memasuki ruangan Kantor DPRD.

Kordintor aksi Safrudin Taher mengatakan, ada fakta yang bisa dilihat dalam aspek pembangunan bahwa di kecamatan di luar pulau Ternate seakan diabaikan dalam kebijakan pemerintah.

“Apalagi Batang Dua yang cukup jauh dari jangkauan ibu kota Ternate ini sangat terisolasi dan banyak aspek infrastruktur dasar mulai dari pengangguran, instalasi, kemiskinan, inflasi dan ketimpangan pembangunan lainnya yang harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Ternate dan DPRD Kota Ternate,” ungkap Safrudi, Kamis (13/08/20).

Ketua GMNI Kota Ternate ini juga menjelaskan, Kecamatan Pulau Batang Dua juga memiliki banyak potensi khususnya di sektor perkebunan perikanan dan peternakan. Dari data penduduk dan potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Pulau batang dua tentunya sangat diharapkan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan jembatan transportasi laut, pembangunan jaringan komunikasi dan pembangunan jalan dengan tujuan untuk memperlancar kegiatan ekonomi di Kecamatan Pulau Batang Dua.

Ditambah lagi kata dia, adanya dugaan pungutan liar yang terjadi di di kapal tol laut Ternate-Batang Dua khususnya bongkar muat barang. Tentang tarif harga tol laut yang melayani rute ke Maluku Utara yang menurut masyarakat atau pengguna jasa tol laut yang tidak menentu yakni biasanya per Koli Rp 110.000, tetapi Kemudian ada beberapa pengguna jasa melakukan hal yang berbeda yakni per Koli Rp 350.000 itu sudah di luar ekspedisi.

Maka dari itu Cipayung plus Kota Ternate memberikan tuntutan kepada pemerintah kota Ternate dan juga DPRD Kota Ternate diantaranya nya.

  1. Mendesak kepada pemerintah kota Ternate dan DPRD Kota Ternate agar menuntaskan masalah ketimpangan pembangunan infrastruktur yakni pembangunan jembatan transportasi laut, pembangunan jaringan telekomunikasi dan pembangkit listrik 24 jam.
  2. Mendesak kepada pemerintah kota Ternate dan DPRD Kota Ternate serta PT Pelni cabang Ternate agar secepatnya menyelesaikan pungutan liar di kapal tol laut Ternate-Batang Dua.
  3. Mendesak Pemerintah Kota Ternate dan DPRD untuk menyediakan sarana transportasi laut untuk menunjang sarana tentang kesehatan masyarakat kec. Batang Dua.
  4. Mendesak Pemerintah Kota Ternate dan DPRD Kota Ternate untuk menyediakan tenaga guru di sekolah yang kekurangan tenaga pengajar MIPA di Kec. Pulau Batang Dua.

Sementara itu, Ketua Komisi III Anas U. Malik saat melakukan hearing dengan massa aksi mengatakan, DPRD Kota Ternate akan menerima tuntutan yang disampaikan oleh masa aksi yang tergabung dalam Aliansi Cipayung plus Kota Ternate.

“DPRD Kota Ternate akan secepatnya menindak lanjuti dan akan memangil pihak terkait yakni dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) dan Dinas Pendidikan kota Ternat terkait dengan tuntutan pembangunan jaringan telekomunikasi dan penyediaan tenaga guru,” ungkap Anas pada massa aksi.

Sedangkan Ridwan Isapaliy Anggota Komisi II DPRD Kota Ternate akan menindak lanjuti menyangkut dengan temuan pungutan liar yakni biasanya per Koli Rp 110.000, tetapi kemudian ada beberapa pengguna jasa melakukan hal yang berbeda yakni per Koli Rp 350.000. “Kami juga dalam waktu dekat memangil pihak PT Pelni Cabang Kota Ternate,” Ujarnya.

Senada, Wakil Ketua Komisi I Zainul Rahman saat bertemu dengan masa aksi menyampikan Komisi I DPRD Kota Ternate akan melakukan kordinasi dengan PUPR Kota Ternate terkait dengan pembangunan infastruktur.

“Pembangunan infastruktur baik itu jalan dan pembangunan jembatan transportasi laut harus diperhatikan oleh Pemkot Ternate dalam hal ini PUPR,” jelasnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: