poskomalut.com
baner header

Dihantam Gelombang, Kapal Rute Taliabu Tenggelam di Perairan Banggai Laut

TALIABU-PM.com, Gelombang Besar di perairan Pulau Taliabu dan diperairan Banggai Laut (Balut) Sulawesi Tengah mengancam sebuah Kapal Layar Motor (KM) Risvin Pratama 35 GT bermuatan kopra rute Taliabu Utara, menuju Luwuk Sulawesi Tengah.

KM Risvin dikabarkan tenggelam diseputaran Matanga Pulau Sagu, Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Informasi yang diterima Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, Kapal tersebut ditumpangi 18 orang, terdiri dari 8 ABK dan lainya penumpang. Satu diantara penumpang kapal tersebut adalah anak berusia 6 tahun.
Kejadian Naas tersebut diinformasikan terjadi Selasa (21/1/2020) mendekati waktu subuh dini hari, namun baru diketahui BPBD Taliabu setelah pukul 11.00 (21/1/2020) siang melalui akun facebook.

“Torang tahu melalui facebook, tiba-tiba Ada ABK kapal atas nama iksan yang tersisa diatas kapal, karena kapal tenggelam secara perlahan mulai dari panta kapal, dia itu yang telepon minta bantuan disalah satu warga di Desa Tikong Kecamatan Taliabu Utara, dan warga Tikong sampaikan ke torang, dan setelah mengetahui posisi kejadian langsung torang hubungi Basarnas Palu di Luwuk, Begitu juga dengan BPBD Balut juga torang hubungi. Mereka juga sudah menuju lokasi kejadian saat itu juga,”kata Kepala BPBD Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon (21/1/2020) kepada media ini di ruang kerjanya.

Hingga berita ini diturunkan badan SAR Palu belum sampai di lokasi kejadian, namun para Penumpang kapal diinformasikan selamat, karena dibantu oleh salah satu kapal yang melewati jalur tersebut.
“Informasi terbaru, penumpang semua selamat, karena ada kapal yang lewat jadi mereka dapat bantuan, selanjutnya kita juga menunggu dari pihak basarnas dan BPBD Palu, karena sampe saat ini kapal basarnas juga belum sampai di lokasi kejadian”ujar Sutomo.

Sekitar pukul 19.30 malam, selain menghubungi dan meminta bantuan kepada basarnas Palu, maupun BPBD Balut, Sutomo juga mengaku menghubungi dan meminta bantuan kepada Basarnas Ternate Maluku Utara, namun pertimbangan wilayah dan jarak tempuh, peristiwa tersebut difollow up basarnas Palu.
“Berdasarkan faktor wilayah serta jarak tempuh terdekat, Kasus Laka Laut diatas sudah di follow up Basarnas Palu dan BPBD Banggai Laut,”jawab basarnas ternate via handpon kepada kepala BPBD taliabu.

Sejumlah penumpang dan ABK berhasil dievakuasi BPBD Banggai laut

“Alhamdulillah sudah dapat dievakuasi oleh BPBD Banggai Laut dengan kondisi kapal tenggelam, dan seluruh penumpang dan ABK selamat. Sementara sudah di Banggai Laut untuk mendapatkan Perawatan di RS. Banggai Laut,”tutupnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: