poskomalut.com
baner header

PT IWIP Hentikan Sementara TKA Cina ke Halteng

Upaya Cegah Virus Corona

WEDA-PM.com, Pemerintah Halmahera Tengah (Halteng), mengambil langka cepat dengan melakukan pertemuan dengan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). Pertemuan antara Pemda dan manajemen PT IWIP, guna membicarakan langka pencegahan terhadap virus Corona, agar tidak meluas hingga ke Halteng.

Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa poin penting, yakni penerbangan dari Manado ke  Bandara Lelilef, dihentikan sementara waktu oleh manajemen PT IWIP selaku otoritas bandara setempat. Charter flight akan kembali dilakukan, jika sudah ada pengumuman resmi dari pemerintah, bahwa virus menular dan mematikan itu telah dapat dikendalikan penyebarannya.

PT. IWIP melakukan moratorium Import tenaga kerja asing (TKA) asal Negeri tirai bambu itu, sambil menunggu penanganan penyebaran virus corona dinyatakan selesai. “Jadi manajemen PT. IWIP sebagai otoritas bandara khusus menyetujui usulan Pemda Halteng, untuk melakukan penghentian sementara charter flight Wings air dengan rute Manado – Lelilef yang berlaku efektif mulai 28 Januari 2020,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setda Halteng, Zakaria pada Posko, Senin (27/01/2020).

Selain menghentikan sementara penerbangan dari Manado ke Lelilef, serta moratorium TKA cina ke Halteng, langka antisipatif lain yang dilakukan PT IWIP adalah dengan melakukan pemeriksaan ketat terhadap anak buah kapal Cina yang membawa material pabrik.

“Pemeriksaan penyebaran virus dilkakukan melalui kerjasama dengan balai karantina Maluku utara, selama beberapa hari setelah itu baru dilakukan bongkar muat. Selain itu juga, akses awak kapal ke sisi darat pelabuhan khusus juga ikut dibatasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan,  PT. IWIP sudah melakukan medical chek up (MCU), dan apabila ditemukan ada gejala suspect virus corona maka segera di isolasi untuk dilakukan observasi lebih lanjut.

“Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona di Kabupaten Halteng, khususnya dalam kawasan PT. IWIP, maka tadi (kemarin) Wabup menugaskan Kadis Kesehatan, Kadis Nakertrans, serta Kadishub, melakukan kunjungan lapangan, dan melakukan pertemuan dengan petugas medis, para dokter (klinik) serta manajemen PT.IWIP, yang menghasilkan poin-poin sebagaimana sudah saya sampaikan,” terangnya. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: