poskomalut.com
baner header

Gunung Gamalama Ternate Status Waspada Level II

TERNATE-PM.com, Erupsi gunung berapi dibeberapa daerah di Indonesia, berdampak pada aktiviats erupsi juga di gunung berapi Gamalama. Bahkan, status gunung Gamalama kini waspada level II.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate Arif Gani, menyampaikan, meskipum status Gamalama berada pada status level II, tetapi dirinya mengimbau masyarakat, agar tidak panik dan menjauhi areal yang menjadi jalur lahar dingin.

“Saat ini kita siaga waspada level II, tapi masyarakat tidak perlu panik, yang penting hindari jalur yang dilewati lahar dingin,” katanya.

Menurutnya, rekomemdasi dari pos pengamat sudah keluar, bahwa jarak 1,5 km dari puncak masyarakat dilarang mendekat, sehingga wisatawan dilarang melakukan aktivitas pendakian ke puncak gunung Gamalama. Untuk masyarakat dibantaran kali mati yang dialiri oleh lahar dingin, tatap waspada.

“Saat ini kita menangani dua bencana, yaitu soal Covid-19 dan gunung Gamalama, karena kemarin sempat erupsi tapi tidak meletus, sehingga sudah dua bulan berada pada siaga level II,” sebutnya, sembari menambahkan, sejak gunung berapi Dokona erupsi, gunung Gamalama juga ikut erupsi. Untuk itu, pihaknya mengeluarkan himbauan kepada kelurahan terdampak, sejak Januari 2020. (cha/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: