poskomalut.com
baner header

Bawaslu Ternate Tegaskan Panwascam Hiri Pastikan Adanya Dukungan Perseorangan

TERNATE-PM.com, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate menegaskan kepada Panwascam Pulau Hiri, agar memastikan betul dukungan yang diberikan kepada bakal calon wali kota dan wakil wali kota di jalur independen dalam verifikasi faktual saat ini. Penegasan itu disampaikan saat Bawaslu Kota Ternate melakukan kunjungan kerja dan monitoring ke Panwascam Pulau Hiri Minggu (28/6/2020) kemarin.

“Harapan dari Bawaslu Kota Terbate ke kami (Panwascam Pulau Hiri) dalam verifikasi faktual ini bisa mastikan apakah dukungan yang di berikan ini betul-betul secara rill dilapangan atau hanya data fiktif yang ditemukan,” kata Ketua Panwascam Pulau Hiri, Hairun Bakar, kepada poskomalut.com, Senin (29/6/2020).

“Ketegasan kepada Panwas Pemilu kelurahan yakni dalam verfak agar selalu memgawasi tahapan ini dengan melekat bersama PPS di setiap kelurahan dan selalu berkoordinasi dengan PPS,” sambungya.

Menurut Hairun, di dalam Pemilu ada sangsi-sangsi yang sudah di atur, baik itu partisipasi pemilih, peserta pemilu dan penyelengara pemilu, baik itu berupa sangsi administrasi, etik atau pidana. Sehingga untuk pangawas lapangan jalankan tugas dan wewenang sesuai dengan UU yang berlaku.

“Jangan keluar dari ranah itu, apabila di temukan seperti itu maka ada dua sangsi yang mengatur apa etik atau pidana baik itu juga dengan PPK dan PPS.

Di dalam UU 10 tahun 2016 jelas terkait dengan sangsi dalam verfak di pasal 185 B dan 186 pidana paling lama 72 bulan dan dan paling singkat 36 bulan dan denda paling banyak 72.000.000. dan paling sedikit 36.000.000.

“Kalau dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum dan dengan sengaja memalsukan dokumen,” ujarnya.

Hairun berharap, jajaran tingkat kelurahan di Kecamatan Pulau Hiri, agar bisa memaksimalkan kerja-kerja pengawasan dalam verfikasi faktual. (sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: