poskomalut.com
baner header

Vitamin Bantuan Pemda Morotai tak Dikonsumsi Masyarakat

MOROTAI-PM.com, Sudah hampir dua pecan ini Pemda Morotai membagikan obat vitamin dan daun teh kepada puluhan ribu masyarakat Morotai. Hanya saja, bantuan itu tidak dikonsumsi oleh masyarakat.  Hal ini karena obat vitamin yang dibagikan itu bukan berasal dari Indonesia melainkan produk dari negara luar, yakni Korea. Akibatnya, publik Morotai takut mengkonsumsi obat tersebut.

“Padahal obat itu so hampir dua minggu mereka kasih, tapi sampai sekarang obat itu kami tidak barani konsumsi, dosisnya 1000 mg, dan itu produk dari luar negeri (Korea), baru perbutir itu besar besar, memang saat petugas kasih dan bilang minum sehari 1 butir, sementara saya dengar banyak yang tidak minum,” ungkap Dian, salah satu warga Morotai kepada media ini.

Selain itu juga, obat itu tidak beredar di Morotai, sehingga masyarakat ragu mengkonsumsinya. Sementara Rafai, warga lainnya juga mempertanyakan pemberian daun teh Goal parah yang bukan daun teh celup. Sebab, rata rata masyarakat saat ini tidak lagi menggunakan di daun teh yang menggunakan saringan.

“Coba survei di desa desa, masyarakat masih pakai saringan atau tidak, pasti kebanyakan tidak pakai lagi karena saat ini banyak yang menggunakan teh celup,” ungkapnya.

“Kalau kasih bantuan kacang hijau maka harus ada gula atau susu, bukan di daun teh yang menggunakan sistim saringan,” kesalnya.

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Morotai dr Novindra Humbas, mengatakan, obat yang diberikan tersebut adalah obat Korea eundan vitamin C 1000. Ini vitamin C dari Korea, ada dijual online dan banyak dipakai di Indonesia untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Ditanya terkait label halalnya, nomor registrasinya serta nomor izin edarnya, dirinya mengaku ada hanya saja masyarakat kurang jeli melihatnya.

“Saya kurang tahu sih produk itu, tapi saya tanya pimpinan dan lihat  di google ada semua, ada halal memang dari korea punya bukan Indonesia punya. Bisa dikonsumsi satu hari satu saja,” tutupnya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: