poskomalut.com
baner header

Tumpukan Sampah Butuh Perhatian Pemkota Ternate

TERNATE-PM.com, Tumpukan sampah di kali mati atau barangka, tetapnya samping landasan pacu bandara Babullah Ternate, lingkungan RT 02 Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara butuh perhatian bersama.

“Kita dilingkungan RT 02 sudah ada teguran dan imbauan, agar tidak membuang sampah di barangka. Namun, masih ada warga yang mencuri kesempatan di malam hari membuang sampah disitu,” kata Halim warga sekitar.

Dirinya mengakui, ketua RT sering mengontrol ke lingkungan sekitarnya, tetapi masih ada sampah yang berhamburan sepanjang selokan. Padahal, jika terjadi banjir maka sampah-sampah itu berhamburan keluar.

“Apabila terjadi banjir sampah yang berada diselokan terbenam dan berhamburan di barangka bahkan sampai di pantai banyak sampah yang berhamburan,” ujarnya.

Keluhan masalah sampah juga disampaikan warga Kelurahan Kalumata, Kecamatan Ternate Selatan. “Yang jelas untuk menghindari tidak terjadinya kotoran di lingkungan kita, solusinya mengajak dan membangun kesadaran bersama agar barangka maupun selokan tidak lagi dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun, butuh komitmen serta imbauan karena dampaknya sampah sangat berpengaruh pada kesehatan,” kata sejumlah warga saat ditemui Posko Malut, Minggu 24/11).

Lurah Kalumata, Ade Bayau saat dikonfirmasi mengakui, pentingnya kesadaran bersama untuk tidak membuang sampah di barangka dan selokan.

“Kami telah mengimbau kepada warga sekitarnya  agar tidak lagi sembarangan membuang sampahnya. Namun, sisi lainya menjadi kendala adalah penyediaan tempat sampah, sehingga barangka menjadi objek sasaran persampahan,
apabila musim hujan menyebabkan banjir karena tersumbat sampah  mengancam rumah-rumah warga sekitar lingkungan barangka,” ungkap Lurah.

Pihak kelurahan sudah berupaya untuk menyediakan tempat sampah bherskala keci, tetapi tidak mampu menampung sampah yang ada. “Kami Pemerintah Kelurahan mengupayakan kesediaan tempat sampah skala rumah tangga dalam bentul drom plastik maupun yang lain, sehingga masyarakat bisa buang sampah pada tempatnya dan nantinya kalau sudah penyediaan dan sebagian belum mendapat tempat sampah karena keterbatasan maka kami berharap agar bisa disesuaikan dan kami melakukan penambahan tempat sampahnya,”tutupnya. (wm01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: