Anggaran Pilkades 2022 di Halsel Ditanggung Kades Definitif

Kepala Bidang Pemerintah Desa Muhammad Darus SE

LABUHA-PM.com, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2022, ditetapkan pada bulan Juni nanti.

Uniknya, anggaran Pilkades dibebankan kepada Kepala Desa Definitif, meskipun tidak sepenuhnya.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Bidang Pemerintah Desa Muhammad Darus SE, saat diwawancarai Posko Malut di ruang kerjanya, Rabu (5/1).

Dirinya mengatakan, sejauh ini untuk tahapan Pilkades sehari dua dibentuk panitia Pilkades oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)

"Tahapannya bulan Juni. Karena, ada SK kades yang berakhir di tahun 2023 bulan Januari sehingga untuk tahapannya di bulan Juni, jadi kemungkinan besar di bulan November dan Desember pemilihan kades," ucap Muhammad Darus.

Sementara untuk kesiapan sejumlah fasilitas pilkades, yakni, kotak suara dan surat suara.

Disentil terkait Anggaran Pikades 2022, Muhammad Darus mengatakan, Separuh biaya akan dibebankan kepada kepala Desa yang mengikuti pemilihan pada tahun 2022 mendatang dengan mensisipkan sejumlah uang dari 25 juta rupiah sampai 30 juta rupiah.

"Kami sudah beritahukan kepada sejumlah kepala Desa agar di saat musdes harus sisipkan 25 juta sampai 30 juta. Untuk DPMD memiliki anggaran tersendiri. Namun, jika tidak dibantu dengan Anggaran dari Desa tentu perjalanan Dinas akan dipangkas jadi, harus dibantu oleh Desa," pungkasnya. (Bar/red)

Komentar

Loading...