Antisipasi Virus Corona, Pemkot Tikep Intens Lakukan Pengawasan ke Puskesmas

dr. Abdullah Maradjabessy (Kadinkes Tidore)

TIDORE-PM.com, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Kesehatan dan pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore terus melakukan pengawasan dan pemantauan diberbagai Puskesmas, yang ada di Kota Tidore Kepulauan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, dr Abdullah Maraddjabesy di ruang kerjanya, Selasa (10/3/2020) mengatakan, setelah menerima edaran dari Kementarian Kesehatan yang disampaikan ke Provinsi Maluku Utara, dan dilanjutkan ke Dinkes Kota Tidore terkait dengan langkah-langkah pencegahan virus corona  maka pihaknya kemudian menyampaikan ke seluruh  puskesmas yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

“Virus corona ini biasa menyerang pada daya tahan tubuh yang rendah maka dari itu langkah-langkah yang harus dilakukan seperti, makan makanan yang bergizi dan seimbang, berolahraga dan istrahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, cuci tangan pada air mengalir, ketika batuk menggunakan masker, minum air 8 gelas per hari atau 1.500 ml serta jangan lupa berdoa,”terang Abdullah.

Abdullah juga menjelaskan, virus corona ini merupakan sakit yang biasa. “Saya berharap untuk masyarakat Kota Tidore agar tidak terlalu panik, menegakkan diagnosa corona paling kurang bahwa yang bersangkutan pernah mengunjungi ke tempat-tempat yang terjangkit virus corona”. katanya.

 Sementara itu , Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian pencegahan penyakit Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim mengatakan, untuk saat ini tim internal dari Dinkes maupun rumah sakit terus melakukan pemantauan bagi warga Negara asing, yang masuk di wilayah Kota Tidore, jika ada warga Kota Tidore yang terdeteksi virus corona maka dijemput langsung oleh tim penanganan yang nantinya dibawah ke RSD Tidore, karena sudah disediakan ruangan isolasi khusus untuk pasien yang terdeteksi virus corona.

 Ruangan isolasi dan alat pelindung diri telah disiapkan. "Saya juga berharap agar masyarakat tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gejala-gejala seperti demam, flu dan batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan segera hubungi call center penanganan dan pengawasan virus corona dengan nomor  081318883043,”pungkas Saiful Salim. (mdm/red)

Komentar

Loading...