ASDP Ternate Siapkan 10 Unit Kapal Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Area pelabuhan ferry bastiong Ternate

TERNATE-PM.com, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate menyiapkan 10 unit kapal ferry untuk melayani masyarakat Maluku Utara (Malut) menjelang natal dan tahun baru 2020/ 2021.

10 unit kapal itu untuk melayani masyarakat yang hendak akan mudik atau berlibur diberbagai daerah Malut bahkan juga rute Ternate - Bitung. "Ini merupakan kesiapan untuk mengurangi lonjakan penumpang di terminal ferry bastiong, meskipun sampai H-4 natal suasana di pelabuhan ferry masih terlihat normal," kata Manager ASDP cabang ternate, Zainal Abidin, Senin (21/12/2020) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, sementara ini pihaknya masih terus berkordinasi dengan ASDP lainnya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang nataru, melalui aplikasi Zoom sebagai bahan evaluasi.

Ia menjelaskan, 10 kapal, 6 diantaranya melayani penyeberangan Sofifi, Sidangoli dan Rum Tidore.  Kapalnya yakni KMP Baronan, KMP Bubara, KMP Gurango, KMP Mutiara dan KMP Portlink, sedangkan kapal yang melayani rute Ternate tujuan Bitung Sulawesi Utara ada empat yakni KMP Portlink 08 dengan KMP Dalente. "Untuk sementara ini hanya 1 kapal saja sedang dalam perbaikan (dock), sisanya semua siap berlayar,"ujarnya.

Menurutnya, untuk penumpang di Desember 2020 tidak ada lonjakan atau masih normal, sedangkan untuk kendaraan naik 2% dan itu tidak terlalu signifikan. "Pos terpadu untuk pengaduan dan keamanan masyarakat kami siapkan dalam Area pelabuhan ferry, ada TNI, Polri, Basarnas, Syahbandar dan ASDP,"tutupnya. (Mg02/red)

Komentar

Loading...