poskomalut.com
baner header

Bangun Budaya Tertib Lalu Lintas, Polres dan Jasaraharja Ternate Gelar Training Motivation

TERNATE-PM.com, Untuk Pertama Kalinya di Kota Ternate, dalam rangka membangun budaya tertib berlalulintas, Polres dan Jasa Raharja Ternate bekerjasama dengan Thanks Institute Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan Training Motivation, “Revolusi Mental di Jalan Melalui Hypno Traffic and ESQ Riding”, pada Hari Minggu, (17/11/2019) bertempat di Aula Gamalama Polres Ternate.

Kepada poskomalut.com, Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Operasi Zebra Kieraha 2019, dimana jumlah pelanggaran mencapai 2000 lebih, sehingga untuk mengurangi tingginya tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, Kapolres memilih langkah tersebut sebagai upaya lain untuk memberikan budaya tertib lalu lintas di Kota Ternate. “Kegiatan Ini merupakan upaya lain untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya tertib lalu lintas, selain dari kegiatan sosialisasi, penindakan dan penilangan. Ini juga baru pertama kali yang dilakukan di Wilayah Malut dan untuk di Indonesia setelah dilakukan Operasi Zebra tahun 2019 baru Polres Ternate, yang melakukan kegiatan ini setelah bekerja sama dengan Jasaraharja Ternate,” ungkapnya.

Training ini mengundang pelajar dari beberapa sekolah di Kota Ternate, dengan tujuan agar pelajar bisa menjadi generasi muda yang tertib berlalu lintas, dan sebagai langkah untuk membangun salah satu program prioritas Presiden RI yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. “Ini salah satu upaya untuk membangun SDM yang unggul, khususnya di jalan raya. Diharapkan dengan kegiatan ini, pelajar sadar akan pentingnya tertib berlalulintas setelah dipengaruhi alam bawah sadar melalui kegiatan Hypno Traffic and ESQ Riding yang diberikan materi khusus oleh Ketut Albib Alimi selaku Direktur Thanks Institute Indonesia,”ujarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 500 peserta ini dibagi menjadi dua sesi, karena keterbatasan dari kapasitas ruangan yang tidak dapat menampung seluruh peserta yang ada, dimana sesi pertama diikuti oleh pelajar tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Sementara sesi kedua diikuti oleh anggota TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara.
Kepala Jasaraharja Maluku Utara (Malut), Aceng Widayat kepada poskomalut.com mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan gagasan dan ide dari Kapolres Ternate setelah kegiatan Operasi Zebra 2019, yang bertujuan untuk mengurangi pelanggaran lalulintas. “Kami dari Jasaraharja Malut sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan dari Polres Ternate ini. Karena kami dari Jasaraharja yang juga selaku BUMN hadir untuk Negeri, mendapatkan tugas untuk membayar santunan bagi korban kecelakaan. Maka dari itu diharapkan juga dengan adanya training ini kedepannya, pelanggaran lalulintas dan tingkat kecelakaan bisa berkurang,”harapnya.
Setelah mengikuti training ini diharapkan ada kesadaran yang timbul dari dalam penendara untuk bagaimana berperilaku saat berlalulintas dijalan, biar bisa menjaga keselamatan mereka dan orang lain. “Jadi mereka harus selalu berhati-hati dijalan dan ikuti rambu-rambu lalulintas dengan menggunakan helm yang sesuai dengan standar nasional Indonesia. Dengan mengikuti semua aturan itu otomatis tingkat pelanggaran dan kecelakaan berkurang,”pungkasnya. (cr01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: