Banjir Perbatasan Toloa Bobo Akibat dari Aktifitas Galian C Baru

Banjir di Toloa (Insert Muhammad Abubakar)

TIDORE-PM.com, Ancaman rawan bencana akibat banjir yang sudah tiga kali terjadi diantara perbatasan Kelurahan Toloa Kecamatan Tidore Selatan dan Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara disebabkan karena adanya aktifitas usaha galian C yang baru dibuka belum lama ini.

Akibat dari aktifitas ini sejumlah rumah yang berada di sekitaran perbatasan dua kelurahan tersebut terancam akan mengalami bencana terkena dampak banjir setiap saat, baik musim hujan deras maupun sedang, hal ini terjadi karena tertutupnya jalan aliran air yang sebagaimana dikeluhkan masyarakat sekitar.

Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan Muhammad Abubakar kepada wartawan kejadian yang sudah tiga kali terjadi ini telah dilakukan pemantauan bersama kedua kepala kelurahan dan masyarakat serta menemukan langsung dampak yang terjadi akibat dari aktifitas Galian C.

Untuk penanganan ini, pihak kelurahan telah melakukan langkah dengan memangil pemilik usaha galian C untuk mempertanggungjawabkan akibat dari aktifitasnya dengan melakukan perbaikan baik itu dari sisi tehnis maupun kerusakan fasilitas yang di bangun pemerintah yang berada di sekitar usaha Galian akibat aktifitas usaha.

Pihak BPBD sendiri juga telah menurunkan seluruh bidang terkait untuk melihat kondisi sekitar untuk menentukan arah kebijakan kedepan dalam rangka untuk pencegahan agar tidak lagi terjadi dari penanganan sarana prasarana pendukung.

Sedikitnya dari hasil pemantauan terdapat kurang lebih 6 rumah yang paling terkena dampak berat dari lainya.(mdm/red)

Komentar

Loading...