poskomalut.com
baner header

Bawaslu Haltim Kembali Ingatkan Netralitas ASN

MABA-PM.com, Memasuki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tahun 2020 Apratur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Haltim, diminta menjaga netralitasnya dalam pilkada nanti.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Haltim, Suratman Kadir menegaskan, sangat tidak bijaksana jika status ASN dan jabatan dimanfaatkan untuk memihak calon tertentu apalagi hingga mempromosikannya di media sosial facebook. “Jangan sampai status ASN dan jabatan yang dipercayakan oleh negara tercoreng oleh perilaku yang melanggar aturan maka ASN harus terhindar dari politik praktis,”kata, Suratman kepada wartawan, Senin (16/12/2019).

Pada pilkada ini Bawaslu Haltim akan terus serius menindak ASN yang terlibat politik praktis, apalagi dijadwalkan 1 Januari 2020 nanti penyelenggara adhoc Bawaslu Haltim sudah terbentuk dan siap bekerja untuk mengawasi semua proses tahapan Pilkada. “Kita minta ASN maupun perangkat desa fokus kerja saja, jangan lagi melibatkan diri sebagai tim sukses,”tururnya. Aturan tentang netralitas ASN itu sendiri sudah cukup tegas tertuang dalam sejumlah aturan yaitu, undang undang nomor .5 tahun 2014 tentang ASN, peraturan pemerintah (PP) nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS, PP Nomor. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.Selain itu ditambah sejumlah surat edaran sebagai penegasan dari Komisi ASN , Menteri PANRB, Mendagri, BKN, dan Bawaslu RI. “Intinya setiap ASN harus netral, mereka dilarang memberi dukungan, melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada. ASN itu harus tetap professional,”cetusnya.

Apa bila ada ASN dilingkungan pemda haltim. yang tidak netral atau melanggar sejumlah ketentuan dimaksud, maka akan dikenakan sanksi mulai dari sanksi moral, sanksi disiplin mulai dari ringan sedang hingga berat. (zhar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: