Bawaslu Tidore Gelar Uji Kompetensi Pegawai Non PNS

Uji Kompetensi Pegawai Non ASN Bawaslu Tidore

TIDORE-PM.com, Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) kota Tidore Kepulauan telah melaksanakan uji Kompetensi kepada 12 Pegawai Non PNS dilingkup Bawaslu Tidore  sejak tanggal 21-23 Desember 2020 lalu.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengangkatan perpanjangan kontrak atau pemberhentian pemutusan kontrak pegawai Non PNS pada lingkungan Sekretariat Bawaslu ini sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilihan Umum(Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Nomor:2034/Bawaslu/SJ/KP.04.00/XII/2020 tentang pelaksanaan Evaluasi Pegawai Non PNS melalui Uji Kompetensi secara online.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Tikep Abd. Malik Salasa, S.STP, M Si mengatakan, pelaksanaan evaluasi untuk staf non PNS kali ini dilakukan secara online dengan metode Computer Asisted Test (CAT) dan berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan socrative. Sebanyak 12 staf pegawai non PNS dilingkup Bawaslu Kota Tidore Kepulauan mengikuti tes tersebut.

Dikatakan Malik, Evaluasi pegawai non PNS ini dilakukan diseluruh Bawaslu Provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia yang terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pada tanggal 14-19 Desember 2020 untuk daerah yang tidak melakukan Pilkada dan gelombang kedua dilakukan pada tanggal 21-23 Desember 2020 untuk daerah yang melakukan Pilkada.

Evaluasi ini dilakukan dalam 10 kluster diantaranya, Humas dan Hubal, Penyelesaian Sengketa, Data dan Informasi Pengawasan Pemilu, Administrasi, Keuangan, Penanganan Pelanggaran, Barang Milik Negara, Hukum dan Perundang-Undangan dan Perencanaan, “jelasnya.

Ditambahkan Malik untuk soal CAT sebanyak 100 soal yang telah disusun oleh Bawaslu RI dan terbagi dalam tiga jenis sesi yakni 50 soal untuk sesi Bidang, 30 soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan 20 soal tentang Kepemiluan.“Dengan Evaluasi secara online ini berharap betul-betul dapat menghasilkan staf yang berkompeten, memahami tugas dan fungsi, memiliki kemampuan serta dapat diandalkan dalam melaksanakan tugas sebagai staf sekretariat Bawaslu Kota Tikep,” tutup malik. (mdm/red)

Komentar

Loading...