poskomalut.com
baner header

BBM Langka, Pertamina Halsel Enggan Berkomentar

LABUHA-PM.com, Terhitung sudah sepekan masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan mengalami kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis besin, petromax dan juga petralite. Adapun kelangkaan BBM ini belum diketahui pasti penyebabnya.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi (Disperindag-Kop) Halmahera Selatan, Sarkani Tamimi mengatakan BBM jenis bensin tidak lagi bersubsidi (dicabut), tetapi BBM di Halsel tidak langka, masih normal.

Dijelaskan Sarkani, data suplai BBM jenis bensin, pertalite dan pertamax hingga sekarang belum diketahui jumlahnya per bulan melayani masyarakat di Kabupaten Halmahera Selatan. Sambung Sarkani, tetapi untuk BBM jenis minyak tanah (Mita) masih subsidi per bulan 750 ton tangani kebutuhan masyarakat.

“Iya, kalo BBM (Pertamina) jenis bensin sudah tidak bersubsidi. Sudah dicabut dari pemerintah pusat yang bersubsidi saat ini tinggal minyak tanah per bulanya jatah Mita di Halsel 750 ton, sedangkan BBM jenis bensin, pertalite dan pertamax saya tara (tidak) tahu jumlah pastinya,” terang Sarkani, Jum’at (22/10/2021).

Menurutnya, BBM bersubsidi di Halsel hanya minyak tanah, sedangkan BBM jenis bensin tidak lagi bersubsidi karena sudah dicabut, sehingga diluar minyak tanah industri langsung yang tangani.

Lebih lanjut kata Sarkani, hingga BBM jenis bensin subsidi dicabut pelayanannya langsung di SPBU maupun pertashop masing-masing. Terkait kenaikan harga BBM jenis pertalite dan pertamax bagi pedagang/penjual enceran di depot (kios) di Ibu kota Labuha itu kasus lama meski sudah ada pengawasan.

“Memang permainan harga penjual di depot itu kasus lama seperti istilah mata rantai antara pembeli dan penjual, meski sudah ada keberatan pembeli memberikan laporan bahkan ada pengawasan namun masih seperti itu,” katanya.

Sementara, pihak Pertamina enggan berkomentar terkait kelangkaan BBM dengan alasan kepala Depot Pertamina Halmahera Selatan berada di luar daerah. Ini disampaikan salah satu security ketika disambangi awak media.

“Kepala Depot tidak ada sementara keluar daerah, sebagiannya lagi vidcom dan kalau bisa nanti balik lagi hari Senin,” ujar salah satu security. (Bar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: