poskomalut.com
baner header

Beberapa Daerah di Malut Harus Waspada Gelombang Tinggi

TERNATE-PM.com, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Metereologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku per tanggal 16 Januari 2021 pukul 12:00 WIT hingga 18 Januari 2021 pukul 12:00 WIT.

Dalam rilis yang diterima poskomalut.com
disebutkan, adanya sirkulasi tertutup Eddy terpantau di perairan Utara Sulawesi Utara yang mengakibatkan pola konvergensi terbentuk di wilayah Maluku Utara. Pola angin di wilayah Maluku Utara umumnya bergerak dari Barat Daya – Timur Laut dengan kecepatan 2-25 knot. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut.

Sirkulasi Eddy adalah sirkulasi di atmosfer berupa pusaran angin dengan durasi harian, dan biasanya jika suatu daerah terdapat Eddy maka cenderung akan turun banyak hujan.

Prakirawan BMKG Maluku Utara, Dewi Mahrantika Madiong, menyebutkan perkiraan tinggi gelombang 1.25-2.5 meter (Moderator Sea) berpeluang terjadi di Perairan Ternate-Batang Dua, perairan Bacan, Perairan Kepulauan Sula, Laut Halmahera, Perairan Timur Halmahera.

Sementara tinggi gelombang dengan kisaran 2.6 – 4.0 meter (Rough Sea) berpeluang terjadi di Samudera Pasifik Utara Halmahera, perairan Morotai, perairan Halmahera bagian Barat dan perairan Loloda.

Dari kondisi itu, pihaknya berharap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran ; khususnya perahu Nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Juga Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Kemudian Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi
gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di sekitar Perairan Maluku Utara, serta daerah lainnya khususnya yang tercantum dalam daftar peringatan dini ia no harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” imbaunya. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: