Belum Ada Kepastian Pembentukan KUA Ternate Barat

Kepala Kemenag Kota Ternate, Amir Tomagola

TERNATE-PM.com, Perwakilam Kementrian Agama (Kemenag) Kota Ternate memastikan rencana pembentukan KUA di Kecamatan Ternate Barat, hingga saat ini belum ada kepastian. Pasalnya usulan pembentukan KUA itu,hingga saat ini masih belum mendapat lampu hijau oleh Kementrian Agama RI.

"Sejauh ini belum ada pengembangan KUA tambahan khususnya Ternate Barat.Memang sudah diusulkan.Hanya saja sampai saat ini masih menunggu persetujuan pusat,"ucap Kepala Kemenag Kota Ternate Amir Tomagola.

Secara keseluruhan, KUA yang telah terbentuk hingga saat ini ada 6 KUA. Diantaranya Ternate Utara, Ternate Tengah, Ternate Selatan, Pulau Ternate, Moti,Hiri. Sedangkan untuk wilayah Ternate Barat, saat ini masih dibawah KUA Pulau Ternate.

Menurut Amir, pembentukan KUA ini selain butuh persetujuan pusat dalam rangka memperpendek rentan kendali, tentunya butuh dukungan kesiapan baik SDM, maupun dukungan anggaran. Dimana, soal SDM yang tersedia di Kemenag saat ini dinilai cukup siap.

"yang pasti soal pembentukan KUA konsekwensinya SDM dan anggaran.Dari Kanwil Propinsi juga sudah usulkan.Prinisionya kami berharap agar secepatnya dibentuk agar pelayanan juga bisa lebih optimal lagi,"ujarnya.(tal/red)

Komentar

Loading...