poskomalut.com
baner header

Belum Sebulan, DPRD Kepsul Sudah Habiskan Rp 1 Miliar

SANANA-PM.com, Publik patut untuk mengawal kinerja DPRD Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) periode kali ini. Bagaimana tidak, wakil rakyat yang baru saja dilantik pada 30 September kemarin, suda menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 1 miliar.

Padahal, waktu menjabat wakil rakyat itu, belum genap satu bulan. Lebih parahnya lagi, anggaran Rp 1 miliar yang dihabiskan itu, hanya untuk kepentingan perjalanan dinas. Pasalnya, belum lama ini, wakil rakyat yang dipimpin Sinaryo Thes itu sudah dua kali melakukan perjalan dinas, yakni satu kali perjalan dalam provinsi (DP) dengan agenda orientasi dan satu kali perjalan luar Provinsi (LP) dengan agenda konsultasi agenda Panitia Khusus (Pansus) alat kelengkapan Dewan di Kementrian dalam negeri (Kemendagri).

Untuk perjalan DP, Sinaryo Thes dan kawan-kawan habiskan anggaran daerah Rp 300 juta lebih, sebab dalam perjalanan DP tersebut, anggota DPRD mendapat uang perjalanan dinas Rp 13 juta per anggota. Sedangkan untuk perjalanan LP, para wakil rakyat menghabiskan anggaran daerah kurang lebih Rp 650 juta lebih, sebab SPPD untuk LP, masing-masing anggota mendapat uang perjalanan Rp 25 juta, Ketua senilai Rp 35 dan dua wakil ketua, masing-masing Rp 30 juta. Belum tenaga sekretarit yang ikut dalam perjalanan itu. Hingga itu, jika di jumlahkan maka total anggaran APBD yang sudah dihabiskan oleh anggota DPRD saat ini senilai kurang lebih Rp 1 miliar. 

Menanggapi hal itu, Ketua HPMS Armin Suamole mengatakan, DPRD seharusnya, belum dapat menghabiskan anggaran daerah sebesar itu, kalau hanya anggota pansus yang lakukan perjalanan untuk konsultasi. “Sebetulnya, hanya untuk kepentingan pansus, itu cukup anggota pansus yang berangkat, sehingga tidak menguras APBD,” katanya.

Armin menambahkan, pihaknya berharap pada publik, untuk mengawal kinerja 25 wakil rakyat tersebut. “Baru awal menjabat saja APBD Rp 1 miliar suda ludes, bagaimana kalau 5 tahun menjabat, hingga itu publik hatur kawal betul kinerja mereka,” katanya. (rul/red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Senin 28 Oktober 2019, dengan judul ‘Belum Sebulan, DPRD Sudah Habiskan APBD Rp 1 Miliar’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: