Berkas Tahap I Tersangka Dugaan Korupsi Anggaran Oprasional Diserahkan ke Kejati

Tim penyidik Ditreskrimsus Polda Malut saat menyerahkan berkas di Kejati Malut.

TERNATE-pm.com, Berkas tahap satu lima tersangka kasus dugaan koruspi anggaran operasional kepala daerah Halmahera Selatan (Halsel) telah diserahkan tim penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku Utara (Malut) ke Kejaksaan Tinggi Malut, Selasa (4/4/2023).

Amatan jurnalis poskomalut.com, di lapangan, tim penyidik Ditreskrimsus mendatangi kantor Kejati Malut sekira pukul 10:17 WIT. Mereka menenteng puluhan map berwarna merah berisikan berkas lalu naik ke lantai  dua ruangan Pidsus untuk menyerahkan dokumen tersebut.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Michael Irwan Thamsil membenarkan adanya penyerahan berkas tersebut.

"Iya, penyidik melakukan tahap satu dugaan korupsi anggaran operasional kepala daerah Halmahera Selatan ke jaksa," ucap Michael.

Adapun para tersangka dalam kasus ini adalah mantan Bupati Halsel Bahrain Kasuba, mantan Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe, mantan Kepala Bagian Umum Saimah Kasuba, mantan Kabag Hukum Ilham Abubakar, dan mantan Bendahara Sekretariat Junaidi Hasjim.

Kelima mantan pejabat tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak dua pekan lalu.

Anggaran operasional yang diusut Polda itu senilai Rp4.507.151.500-,.

Sekdar dikatahui, sesuai perhitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKP) Maluku Utara, kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp3.474.311.013 dari total anggaran Rp8.544.966.000-,.

Komentar

Loading...