poskomalut.com
baner header

Tawarkan Narkoba Lewat MiChat, Honorer di Ternate Diringkus Polisi

TERNATE-PM.com, Resmob Polsek Ternate Utara (Serigala Utara) dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Ternate Utara, IPDA Jeremmy Theo Denoselli S.Tr.K berhasil mengamankan salah satu terduga pelaku pengguna narkoba jenis ganja inisial SA, sekira pukul 11.30 Wit, di kediamannya, Kelurahan Tanah Tinggi, Ternate Selatan, Kota Ternate, Senin, 6 September 2021 kemarin.

Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni Aryanto mengungkapan, penangkapan SA berumula dari laporan bunga (bukan nama sebenarnya) atas dugaan kepimlikan ganja.

Kronologinya, kata Iptu Jhoni, berawal dari pelaku berkenalan dengan bunga melalui aplikasi Mechat. Selanjutnya pelaku mengajak bunga berkenalan, lalu meminta kontak WhastApp. Setelah itu terduga pelaku berkomunikasi dengan bunga lewat WhastApp dan diajak video call.

“Setelah chat di WhatsAap, terduga pelaku ini meminta untuk video call. Saat video call, bunga sedikit menyembunyikan mukanya, karena pelaku sudah kelihatan agak tua, berdeda dari foto profil WhatApp nya yang masih muda. Bahkan, pelaku tidak memakai busana,” ungkap Iptu Jhoni saat dikonfirmasi, Kamis (9/9/2021) di kantor Polsek Ternate Utara.

“Pelaku lalu mengajak bunga untuk datang ke rumahnya. SA juga mengatakan kepada bunga bahwa dia punya ganja. Ia lalu menawarkan kepada bunga untuk memakai ganja, karena berfikir bunga ini masih muda dan perempuan nakal. Pelaku bilang, kalau mau (bage) pakai ayo datang di rumah,” tambahnya.

Setelah melihat tingkah pelaku, lanjutnya, pelapor dari awal sudah mulai curiga. Jadi pada saat video call, pelapor langsung melakukan rekam layar untuk mengabadikan aksi pelaku.

Selanjutnya bunga langsung mendatangi polsek untuk melaporkan SA yang diketahui merupakan tenaga honorer di salah satu instansi di Kota Ternate atas dugaan kepimilikan barang haram tesebut.

“Setelah mendapatkan laporan, kami langsung melakukan penyelidikan tentang informasi yang dikantongi. Setelah mengetahui lokasi keberadaan pelaku SA yang diduga sebagai pengguna narkotika, kami langsung melakukan penangkapan di rumahnya,” ungkap Iptu Jhoni.

“Dalam penangkapan, kami mendapatkan barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak 4 (empat) linting di dalam kamar pelaku. 1 linting/batang berada di pembungkus rokok surya yang diletakan di atas meja. Dan, 3 linting ditemukan di kamar gudang dalam bungkusan roko surya yang diletakan di lantai,” sambungnya.

Pelaku kemudian diamanakan di Polsek Ternate Utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Saat pemeriksaan, pelaku AS mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari salah satu temannya berinisal AL yang merupakan tetangga rumahnya.

“Saat kita mendatangi rumah AL kita tidak menemukanya. Kita melacak dan temukan AL di salah satu bengkel di samping Rumah Sakit Bhayangkara Ternate. Setelah diamankan dan kita lakukan tes urin, keduanya posifit narkoba (ganja),” katanya.

Kedua pelaku dijerat dengan Undang Undang Tindak Pidana Narkotika Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a dengan ancaman paling singkat 4 tahun penjara dan paling lama 12 Tahun penjara. Dan UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (VhR/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: