poskomalut.com
baner header

BMKG Peringatan Gelombang Tinggi Laut Halmahera

TERNATE-PM.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate, memberikan peringatan dini prakiraan cuaca di wilayah perairan Maluku Utara.

Berdasarkan perkiraan BMKG kondisi ini akan berlangsung, 18 September 2020 pukul 09:00 WIT – 28 Juli 2020 pukul 21:00 WIT. Peringatan untuk mewaspadai tinggi gelombang 1.25 – 2.5 Meter di beberapa perairan di laut Halmahera, diantaranya; Perairan Timur Halmahera, Perairan Teluk Weda, Perairan Obi, Perairan Timur Obi, Perairan Sula bagian Utara dan bagian Selatan.

Selain tinggi gelombang yang mencapai 1-2 Meter lebih ini, juga diperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang akan terjadi di daerah-daerah yang disebutkan tadi.

Berikut prakiraan cuaca berdasarkan wilayah pelayanan; untuk wilayah pasifik Utara Halmahera bagian Utara dan Selatan, pada 17 September 2020 diperkirakan memiliki kondisi cuaca berawan dengan intensitas gelombang rendah. Untuk perairan Halmahera Barat bagian Utara, akan terjadi hujan ringan dengan intensitas gelombang rendah.

Sementara untuk perairan Loloda juga diperkirakan terjadi hujan ringan, namun dengan kondisi gelombang cenderung tenang. Di Perairan Ternate-Batang Dua, Perairan Bacan, Perairan Obi, Perairan Morotai bagian Utara dan Selatan, serta Teluk Kao diperkirakan memiliki kondisi cuaca sama, yakni terjadi hujan sedang dengan intensitas gelombang rendah.

Di perairan Teluk Weda, akan terjadi hujan lebat namun dengan intensitas gelombang rendah. Hujan lebat juga akan terjadi di tiga wilayah, yakni Laut Halmahera, Perairan Timur Halmahera dan Perairan Timur Obi dengan intensitas gelombang sedang. Sementara akan terjadi gelombang tinggi dengan kondisi cuaca hujan sedang di perairan Sula bagian Utara dan Selatan.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate, Justia P. D. Galesong menghimbau kepada masyarakat agar selalu mencermati informasi yang disampaikan BMKG untuk waspada terkait adanya potensi cuaca buruk yang akan terjadi beberapa hari kedepan.

“Dalam beberapa hari kedepan akan terjadi hujan lebat, angin kencang  dan tinggi gelombang di beberapa wilayah,” tuturnya, Rabu (16/09) kemarin. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: