BNN Tidore Bentuk Desa-Kelurahan Bersinar

Kepala BNN Tidore AKBP Bustranto Abdullatif saat menyampaikan keterangan persnya

TIDORE-PM.com, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tidore Kepulauan  pada tahun 2021 ini akan membentuk bentuk Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore pulau dan Desa Maitara Tengah, Kecamatan Tidore Utara.

“Setelah  Desa Maitara Utara kita bentuk tahun lalu, maka 2021 ini  akan di bentuk di Kelurahan Indonesiana dan Maitara Tengah serta membentuk 25 Relawan Anti Narkoba pada sejumlah instansi sebagai mitra BNN,” ungkap Kepala BNN Kota Tidore, Bustranto Abdullatif kepada sejumlah wartawan, Selasa (9/2).

Menurut Busranto, pembentukan ini untuk mengoptimalkan  seluruh lini Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)  melalui 3 bidang, yakni Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Rehabilitasi dan Pemberantasan.

Untuk bidang P2M, lanjutnya, BNN Tidore  sudah  melakukan sosialisasi penyalahgunaan narkoba sebanyak 77 kali pada tahun 2020 dengan jumlah sebaran sebanyak 8.809 orang yang berasal dari kalangan Pelajar dan Mahasiswa baik di tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di Universitas Nuku dan STIMIK Mandiri. Begitu juga dengan pelaku usaha penginapan, pelaku usaha rumah makan, komunitas bentor, ojek dan sopir angkot serta instansi pemerintah di Pemda Tikep, pemerintah kelurahan, Kodim 1505/Tidore, Rutan Kelas II.B Soasio dan di pelabuhan penyeberangan laut.

“BNN Tidore juga melakukan sosialisasi di sejumlah lapisan masyarakat diantaranya kelompok PKK, Majelis Taklim dan Dharma Wanita, Talk show, insert konten, pemanfaatan media baik cetak dan online, branding sarana publik, pemasangan baliho, pagelaran seni dan penyebaran informasi melalui media sosial dan website BNN sendiri,’’ papar Busranto.

Dirinya berharap dengan adanya pembentukan Desa bersinar ini setidaknya bisa memanilisiri segala bentuk peredaran dan pencegahan di daerah-daerah rawan pengedaran narkoba.

“Dukungan masyarakat dan seluruh pihak begitu penting untuk mendukung BNN dalam pemberantasan narkoba,’’ harap Busranto. (mdm/red)

Komentar

Loading...