Bupati Halteng Keluarkan Instruksi Larangan Keluar Daerah, Pintu Masuk Weda Mulai Ditutup

Bupati Halteng, Edy Langkara

WEDA-PM.com, Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara, resmi mengeluarkan instruksi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (covid 19) di Halmahera Tengah. Instruksi itu melarang  perjalanan keluar daerah, terutama ke daerah terjangkit di dalam maupun di luar wilayah Provinsi Malut.

Dalam instruski tersebut juga ditegaskan, siapapun keluar daerah dengan sangat terpaksa dilarang untuk kembali ke Halteng. Meski begitu, masih ada pengecualian. Mereka yang akan kembali ke Halteng wajib membawa surat keterangan sehat dari daerah asal, serta wajib lapor diri ke tim gugus tugas covid-19, dan menjalani karantina rumah maupun isolasi diri sendiri (IDS) selama 14 hari di bawah pengawasan tim Gustu Covid-19.

"Memberi keterangan yang jujur kepada tim Gustu covid-19 tentang riwayat perjalanan, kontak fisik dan keluhan selama berada di daerah terjangkit,"tegas Bupati Edi Langkara, sebagaimana dalam instruksi itu.

Istruksi bupati itu juga melarang ASN melakukan perjalanan ke daerah zona merah, kecuali dalam urusan khusus atas izin pimpinan. ASN yang tidak mematuhi aturan tersebut akan diberikan hukum disiplin. Hukuman disiplin ini berdasarkan surat edaran Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Nomor :11/SE/IV/2020, tentang pedoman penjatuhan hukuman disiplin bagi ASN yang melakukan kegiatan bepergian keluar daerah dan atau  kegiatan mudik pada masa kedaruratan kesehatan masyarakat.

Selain itu, aktivitas kapal laut dan alat transportasi lainnya dari luar Halteng untuk membawa penumpang (orang) dilarang. Yang diperbolehkan hanya kapal yang membawa kebutuhan sembako, bahan bangunan, BBM, Obat-obatan, alkes dan kendaraan yang membawa pasien atau jenazah.

"ABK untuk turun ke dermaga selama proses bongkar muat berlangsung juga dilarang. Jika ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi maka akan difasilitasi oleh petugas pelabuhan dengan berpedoman pada SOP penanggulangan Covid-19,"pungkasnya.

Ditegaskan, tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 Halteng untuk menutup akses keluar masuk kendaraan lintas roda dua dan roda 4, mulai pukul 21.00 s/d 06.00 WIT. Instruksi ini dimulai hari ini dan berlaku selama 14 hari. Meski demikian, instruksi ini sewaktu-waktu dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai kondisi yang ada.(msj/red)

Komentar

Loading...