Bupati Haltim dan Puluhan Pimpinan OPD Pelesiran ke Jakarta, Aktivitas Pemerintahan Sepi

Ilustrasi.

MABA-pm.com, Bupati Ubaid Yakub, Sekretaris Daerah Ricky CH Richfat dan puluhan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Halmahera Timur (Haltim) ramai-ramai pelesiran ke Jakarta. Akibatnya, kantor bupati dan sejumlah OPD sepi dari aktivitas pelayanan pemerintahan.

Sepinya kegiatan pelayanan di kantor bupati maupun instansi lain di Haltim tersebut bukan baru kali ini terjadi, namun sudah berlangsung lama.

Apalagi, ketidakhadiran bupati, wakil bupati serta sekretaris daerah sering dimanfaatkan para ASN untuk tidak berkantor.

Amatan wartawan, ada puluhan kepala OPD yang sudah beberapa hari terakhir tidak lagi berkantor, dengan alasan kegiatan keluar daerah. Hal itu dibenarkan sejumlah staf saat awak media mengonfirmasi secara langsung di setiap kantor OPD terkait.

Adapun, para pimpinan OPD yang dikatahui saat ini sedang berada di luar daerah. Terutama di Jakarta diantaranya, Kabag Hukum, Ardiansyah Majid, Kabag Pemerintahan, Ibnu Tamrin, Kabag Umum, Muhammad Zulkifli, Kepala Dinas BLH, Harjon Gafur, Kepala BPKAD, Joko L Ridwan, Kepala Bappeda, Abdul Halim Kipu, Kepala Bagian ULP Awaludin Tajudin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Ikhwan, Kepala Dinas Kesehatan Abdullah Yakub, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Ricko Debeturu, Kepala Dinas PTSP Wahid Kama, Kepala Badan Bencana Daerah Darso Gajal, Kepala DPMD Halid Abas, Kepala Bagian Etbang Kalla Suleman, Kepala Inspktorat Irawan Mabub.

Sedangkan kepala OPD lainnya berada di Makassar dan Balikpapan, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Jamal Esa, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas), Yusuf Thalib.

Selin perjalanan ke luar Maluku Utara, diketahui sejumlah pimpinan pejabat eselon II juga saat ini tengah berada di Kota Ternate. Mereka adalah Kepala Dinas Perhubungan, Dwi Cahyono dan Kepala Kesbangpol, Vera.

Kabag Humas Pemda Haltim, Yusuf Thalib dikonfirmasi mengaku, jika sejumlah pimpinan OPD yang tidak berkantor saat ini tengah berada di Jakarta menghadiri pertemuan dengan pimpinan perusahan Weda Bay Nickel (WBN).

Pertemuan dengan pihak koorporat di ibu kota untuk membahas pendapatan daerah.

"Dong (mereka) samua di Jakarta, agendanya membicarakan pendapatan dengan pihak perusahaan," jelas Yusuf, Rabu (23/08/2023).

Sedangkan untuk pimpinan OPD lainya, Yusuf mengaku tidak mengetahui keberadaan mereka. Dirinya justru meminta agar ditanyakan secara langsung kepada pimpinan OPD terkait.

"Saya tidak tahu mereka kemana. Bagusnya ditanyakan langsung ke mereka," ujarnya.

Sementara itu, ditanyai kapan para pimpinan OPD tersebut kembali ke Halmahera Timur, Yusuf mengaku para pimpinan OPD dipastikan belum berkantor dalam satu pekan ini, karena masih melanjutkan pertemuan bersama bupati, sekda dan pihak perusahaan di Jakarta.

"Mereka dalam minggu ini belum balik ke Haltim, besok masih pertemuan lanjutan. Sedangkan untuk bupati pasca pertemuan agendanya tanggal 29 ke Tanah Suci untuk umrah," pungkas Yusuf.

Komentar

Loading...