poskomalut.com
baner header

Calon Taruna STIMI Ternate Ikuti MADABINTAL III

TERNATE-PM.com, Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Indonesia (STIMI) Ternate menggelar masa dasar pembinaan fisik dan mental (MADABINTAL) angkatan ke III tahun akademik 2021–2022, bertempat di Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Ternate, Sabtu (23/10/2021).

Ketua STIMI Ternate, DR. Irham mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan LANAL Ternate sebegai stakeholder untuk membantu membina mental dan karakter calon taruna. Ini merupakan program rutin yang wajib diikuti setiap mahasiswa baru.

“Kerjasama antara STIMI dan LANAL Ternate untuk kegiatan ini (MADABINTAL) sudah yang ke tiga kali. Ada 15 taruna-i yang ikuti kegiatan ini dan waktu pelaksanaannya selama satu hari,” ungkapnya.

DR. Irham menjelaskan, prinsipnya penting kegiatan pembinaan mental dilakukan kepada taruna-i baru sebelum melanjutkan studi di bangku kuliah. Kata dia, taruna-i atau mahasiswa baru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan atau pengetahuan intelektual, tapi kecerdasaran emosional atau karakter sangat perlu dibentuk sejak dini.

“Seorang mahasiswa atau intelktual tanpa memiliki kemampuan moral atau karakter yang baik akan mudah terpengaruh sehingga tidak bisa mencapai tujuan yang diinginkan,” katanya.

Ia berharap kerjasama STIMI dan LANAL Ternate terus berlanjut hingga tahun-tahun mendatang terutama berkaitan dengan kemaritiman.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada LANAL Ternate, karena di kesempatan ini kita juga bersilaturahmi dengan Komendan LANAL yang baru,” ujarnya.

Sementara, Komandan Pangkalan TNI-AL Ternate Kolonel laut (P) Ashari Sunan Abidin. SE. M. Tr. Hanla, menyampaikan pendidikan karakter bagi calon taruna-i baru sangat urgen dilaksanakan. Karakter, kata dia, akan membetuk sikap para taruna baru dalam menghadapi tantangan. Baik semasa kuliah maupun dalam dunia pekerjaan.

Ia mengatakan, calon taruna ini bakal mendapatkan materi pembinaan mental, ideologi dan baris berbaris. Selain itu, materi wawasan kebangsaan dalam aspek kemaritiman juga bakal diberikan.

“Jadi aspek maritim yang diberikan itu meliputi bidang pelayaran, transportasi laut dan nautika. Selain itu sikap kedisplinan juga diberikan kepada mereka,” tandasnya. (VhR/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: