Dampak Covid -19 Pedagang Kelapa Muda di Ternate Keluhkan Pendapatan Menurun

Pedagang kelapa muda di belakang Mall

TERNATE-PM.com, Penjual kelapa muda yang berada dibelakang Jatiland mall KotaTernate selama Pandemik Covid -19 mengalami penurunan Omset penjualan. Meskipun demikian saat ini Di Era New Normal penjualan Kelapa muda sudah mulai Normal dan ramai pembeli.

Mohtar mengungkapkan, selama virus Covid-19 penjualan kelapa muda sangat menurun drastis, tetapi sekarang di era New Normal sudah agak kembali membaik. "Terkadang kelapa muda yang saya jual hampir semua laku, Kelapa saya beli di Ternate perbuahnya Rp.3.000,dan saya jual dipasaran,Rp 5.000,"ujarnya.

Salah satu penjual kelapa muda Aina juga mengatakan hal serupa. Saat Kota Ternate dinyatakan Covid-19, pembeli sudah mulai berkurang tidak sama seperti tahun l alu. "Masyarakat juga sudah jarang keluar rumah,adapun yang keluar hanya berbelanja keperluan di pasar karena mereka takut terjangkit virus, sekarang sudah agak lumayan membaik pemulihan ekonomi," katanya.

Senada, Idham Abd. Rabbi Kordinator Penjual Kelapa Muda Kota Ternate mengatakan, pandemik virus ini sangat mengganggu keuntungan dari 100% turun ke 40%.

"Buah kelapa muda kami beli dari petani kelapa di Halmahera Tengah (Halteng), karena selama covid stok kelapa di di Kota Ternate sangat berkurang, karena penyuplai kelapa muda di Halmahera dapat tekanan untuk tidak melakukan aktifitas keluar Halmahera. Akhirnya berimbas pada penyediaan kelapa muda,  terkadang 3 hingga 4 hari baru tiba Ternate padahal kami butuhkan itu 6000 Buah setiap hari. Kami beli perbuah itu seharga,Rp.2.500 dan jual seharga,Rp.5.000,"kisahnya.

Penjual kelapa muda kata dia, juga mengeluhkan penertiban yang dilakukan pemerintah di kelurahan mangga dua dan lainnya."Kami yang berjualan di belakang Jatiland Mall sangat merasa rugi akibat ulah mereka, karena kami di sini khususnya membayar tagihan retribusi mulai dari Dinas perhubungan, Dinas Kebersihan dan Dinas Lingkungan Hidup,"tegasnya, Minggu (6/12/202. (Mg02/red)

Komentar

Loading...