Dampak Sail Tidore, Warga Diberi Kesempatan Berobat Gratis

Wakil wali kota Tidore Muhammad Sinen saat berpose berlatar kapal rumah sakit

TIDORE-PM.com, Pelaksanaan Sail Tidore yang dicetuskan di kepemimpinan Capt Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen rupanya bukan hanya mendapatkan dampak pembangunan melainkan sisi ekonomi dan Kesehatan secara langsung bagi masyrakat maluku utara umumnya, khususnya kota Tidore.

Jelang pelaksanaan Sail Tidore pada tanggal 24 November pekan ini akan diadahkan Pengobatan gratis yang dilakukan TNI Angkatan Laut (AL) untuk mengsukseskan sail Tidore mulai 22-24 November di pelabuhan Trikora kota Tidore.

Kadiskes Koarmada I, Kolonel dr. Rudi Pandapotan saat melakukan pertemuan dengan pemerintah kota Tidore ,Senin (21/11/22) mengatakan, perhatian dari Kasal terhadap sail Tidore ini sangat besar, sehingga menghadirkan Kapal KRI suharso yang merupakan KRI pertama buatan cina dan Kapal Rumah Sakit KRI dr Wahidin sudirosodo yang merupakan KRI baru.

"Ini baru dinikmati pertama kali oleh masyarakat Kota Tidore, dengan menghadirkan beberapa dokter TNI AL yang akan berkolaborasi dengan para dokter RSD Tidore dalam melakukan pengobatan gratis untuk masyarakat Tidore," kata dr Rudi.

dr Rudi menambahkan, selama suryabaskara jaya berlangsung akan dilaksanakan diatas KRI dr. Wahidin sudirosodo, jika KRI RS ini disetarakan dengan Rumah sakit maka KRI ini termasuk dalam RS tingkat II, dimana terdapat fasilitas berupa lima kamar operasi, empat kamar ICU dengan pantilatornya, terdapat CT Scan, Rongseng, laboratorium dan terdapat 90 tempat tidur.

"Kami akan mengupayakan agar seluruh pasien yang terdaftar nantinya akan terlayani dengan baik dan tidak kecewa atas pelayanan yang diberikan," Tandas dr Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Abd Majid Do M. Nur mengatakan, siap untuk mendukung kegiatan Surya baskara jaya yang merupakan rangkaian dari Sail Tidore.

Dalam kegiatan bhakti kesehatan para pasien yang sudah terupdate dari setiap puskesmas di Kota Tidore sebanyak 621 orang terdiri dari Spesialis (Sp) dalam sebanyak 23 pasien, Sp THT enam (6) pasien, Sp Obgyn satu pasien, Sp. Mata 70 pasien, Sp Kulit 1 pasien, Sp Saraf 5 pasien, Sp Jantung 1 pasien, Sp Jiwa 1 pasien, Umum 9 pasien, Katarak 109 pasien, Hernia 8 pasien, bibir sumbing 3 pasien, khitan 106 pasien, Gigi 83 pasien, Sp Bedah 8 pasien dan 108 pemasangan Implan, IUD dan MOW, ini merupakan potret status pasien yang terdaftar, namun ini akan tetap bertambah.

Abd Majid juga menambahkan, untuk pasien katarak yang berasal dari semua puskesmas akan melakukan scrining pada 22 November di RSD Tidore demikian juga untuk pasien spesialis lainnya.

Kapal yang nantinya akan melakukan pengobatan gratis di kota Tidore saat ini sudah berada di kota tidore, dipantau langsung segala kesiapan jelang kegiatan oleh wakil wali kota Tidore Muhammad Sinen. (mdm/red)

Komentar

Loading...