Desa Were Salurkan BLT Dana Desa Tahap I dan II

Pembagian BLT di Kantor Desa Were

WEDA-PM.com, Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Were Kecamatan Weda, resmi menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap satu dan tahap dua Dana Desa (DD) kepada 90 kepala keluarga (KK) penerima.

Sekretaris Desa (Sekdes) Were M Fitrah Albar menyatakan, BLT tahap satu baru dicairkan hari ini (kemarin red), lantaran terjadi sedikit keterlambatan transferan dana dari Pemerintah Pusat (Pempus).

"BLT tahap satu baru kita salurkan. Anggaran BLT ini dari Dana Desa,"kata Sekdes, Selasa (9/6). Menurut Sekdes, setiap kepala keluarga mendapat BLT sebesar Rp600 ribu. Lanjutnya, pembagian BLT yang bersumber dari DD ini hanya diberikan kepada KK yang belum menerima bantuan sosial lainnya, seperti bansos PKH, maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos. 

"Jadi KK penerima BLT maupun PKH dari kemensos tidak lagi mendapat BLT Dana Desa. Per KK dapat Rp600 ribu. Yang mereka terima saat ini tahap satu dan dua sehingga totalnya Rp1, 2 juta.

Sekdes menjelaskan, KK penerima BLT adalah mereka yang kurang mampu, janda dengan tanggungan hidup, dan anak yatim piatu. "Kita lihat dari tingkat ekonomi, janda dan yatim piatu. Janda diberikan itu kalau dia ada tanggungan,"ujarnya.

Pantauan Posko Malut, pembagian BLT yang berlangsung di kantor Desa Were itu, penerima diminta menandatangani kwitansi yang sudah disipakan Pemdes setempat. Menurut Sekdes, penandatangan kwitansi tersebut sebagai bukti dan salah kerterbukaan kepada publik. "Iya, jadi pembagian ini kami sertai dengan bukti penyerahan berupa tanda tangan kwitansi," tambah Sekdes. (msj/red)

Komentar

Loading...