Di Ternate Baru 220 Orang Divaksin

Ilustrasi Vaksin

TERNATE-PM.com, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy, menyebutkan perkembangan vaksinasi di Kota Ternate hingga Minggu (31/01) kemarin ini baru sekitar 220 orang yang divaksin. Ini kata dia, masih jauh dari target vaksinasi nasional untuk Kota Ternate yakni sebanyak 1.664 orang.  "Berdasarkan data terakhir yang kita terima sudah 220 orang yang divaksinasi. Dimana kesemuanya adalah tenaga medis yang menjadi klaster pertama vaksinasi," ungkap Nurbaity, ketika diwawancarai via telepon, kemarin.

Nurbaity bilang, dari delapan Puskesmas di Kota Ternate yang melakukan vaksin ini, hanya Puskesmas Batang Dua sama sekali belum melayani vaksinasi. "Di Puskesmas Batang Dua ini tidak ada tenaga dokter sehingga kita belum bisa instruksikan mereka untuk melakukan vaksinasi," sebutnya.

Ditanya soal anggaran operasional vaksinasi berdasarkan instruksi Mendagri, kata dia, pihaknya sudah membuat permintaan ke bagian keuangan. Hanya saja masih menunggu finalisasi pencairan anggaran. "Kita sudah buat permintaan sebesar Rp 1,8 miliar untuk operasional vaksinasi ini. Tinggal menunggu ada perubahan sistem pencairan anggaran," terangnya.

Kata dia, anggaran Rp 1,8 miliar ini lewat Dana Tak Terduga (DTT) melalui BPBD Kota Ternate yang disediakan untuk penanganan bencana non alam dimana tersedia Rp10 miliar. "Karena Covid-19 ini adalah bencana non alam operasionalnya dari sumber anggaran ini. Ada juga anggaran khusus vaksinasi kurang lebih Rp 24 miliar sebagaimana instruksi Mendagri," tuturnya. (agh/red)

Komentar

Loading...