Diknas Tidore Diskusikan Kurikulum Bahasa Daerah Berbasis Digital

Jalannya diskusi bertemakan preservasi kurikulum muatan lokal bahasa daerah berbasis digital

TIDORE-pm.com, Pemerintah kota Tidore melalui Dinas Pendidikan menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) terkait Bahasa Tidore sebagai muatan lokal sebagai bagian dari mewujudkan kebudayaan.

Kegiatan dengan tema, “Preservasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Daerah Berbasis Digital,” dibuka secara resmi Staf Ahli Wali kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain yang berlangsung di Aula Handayani, Dinas Pendidikan Kota Tidore, Senin (20/3/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Zainuddin Umasangadji  mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana dalam mengembangkan kurikulum bahasa daerah pada satuan pendidikan di Kota Tidore Kepulauan.

“Manfaat dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi berkaitan dengan pelestarian budaya daerah, khususnya penggunaan Bahasa Tidore dan penerapannya dalam kurikulum muatan lokal pada satuan Pendidikan Kota Tidore Kepulauan,” terang Zainuddin.

Kegiatan ini meghadirkan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Dr. Arie Andrasyah Isa dan Guru Besar Bidang Antropolingustik Universitas Khairun Ternate, Prof. Gufran Ali Ibrahim sebagai narasumber. Serta dipandu langsung Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khariun Ternate, Arlina Majid sebagai moderator.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari akademisi, praktisi kurikulum dan bahasa, unsur komunitas bahasa dan pemerintah daerah terkait dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan, serta para pengawas, kepala sekolah dan perwakilan satuan pendidikan di Kota Tidore Kepulauan.

Komentar

Loading...